Suhu Politik Mulai Panas, Nama Ade Angga dan Syahrul Digadang Ikut Pilwako Tanjungpinang

Suhu Politik Mulai Panas, Nama Ade Angga dan Syahrul Digadang Ikut Pilwako Tanjungpinang

batamtimes.co , Tanjungpinang – Pilkada Tanjungpinang sudah mulai memanas,Partai politik pun sudah mulai memilah-milah Bakal calon (Balon) yang akan di usung nanti.

Selain nama walikota tanjungpinang Lis Darmansyah,ada juga nama wakil walikota tanjung pinang H.Syahrul mengemuka untuk Pilwako Tanjungpinang 2018.
Namun dari partai yang kursinya gemuk di DPRD kota Tanjungpinang seperti Golkar selain dua nama diatas, Partai tersebut sepertinya sudah memiliki kandidat sendiri yang berasal dari kader Golkar.

Adalah Ade Angga nama itu tercetus saat Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar, Akbar Tanjung memberikan penilaian tersendiri yang layak di calonkan mengikuti kontestasi Walikota Tanjungpinang Tahun 2018 mendatang.

“Saya rasa Ade Angga layak di Proyeksikan sebagai Walikota karena dia sudah memahami betul dengan pembangunan yang ada di Kota Tanjungpinang, karena dia saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Tanjungpinang,” ucap Akbar Tanjung kepada awak media, Rabu siang.

Menurutnya , hal tersebut berdasarkan kriteria yang dinilai Prestasi Dedikasi Loyalitas Tidak Tercela (PDLTT) yang disurvei oleh internal Partai Golkar.

Sementara itu,Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang Lis darmansyah bersama wakil walikota Syahrul , sampai sekarang belum pernah membahas permasalahan pilkada, meski jabatan mereka berakhir Januari 2018.

“Sampai sekarang kami belum pernah duduk berdua membahas permasalahan pencalonan. Saya juga tidak ingin berandai-andai,” kata Syahrul .

Syahrul belum dapat memastikan apakah kembali mendampingi Lis Darmansyah pada Pilkada Tanjungpinang 2018 atau tidak. Ia juga tidak merespons apakah menerima lamaran Golkar, dan didampingi oleh Ade Angga yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Tanjungpinang.

“Saya tidak bisa komentar banyak-banyak. Saya khawatir komentar atau pernyataan saya menimbulkan permasalahan. Ijinkan saya menyelesaikan tugas-tugas bersama Pak Lis (wali kota) sampai selesai,” ujarnya, yang juga mantan guru.

Saat ini, ia lebih banyak menahan diri dengan tidak mengomentari persoalan pencalonan pada pilkada.

Jawaban yang diberikannya terhadap pertanyaan wartawan masih sama seperti beberapa bulan lalu yakni “semua tergantung keinginan masyarakat”.

Syahrul beralasan, pernyataan itu diberikan untuk menjaga kondisi Tanjungpinang agar tetap kondusif.

Lis dan Syahrul dalam beberapa bulan terakhir lebih sering melakukan kegiatan sosial. Mereka sering membuka berbagai acara, mulai dari kegiatan berskala besar hingga kecil.

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kota Tanjungpinang seperti yang dikutip dari media www.batamtimes mengatakan, ingin melihat survey kepuasan terhadap Walikota Petahana, Lis Darmansyah sebelum memutuskan untuk memberi dukungan.

Menurut Ketua DPC Partai Hanura Kota Tanjungpinang, Rona Andaka, partai yang dipimpinnya sudah sangat siap untuk melaksanakan event politik seperti Pilkada 2018 dan Pileg 2019 mendatang.

“Kami sudah membentuk Tim Pilkada 2018 berisi 5 orang yang dipimpin Arifin Ahmad sebagai Ketua dan Sekretaris Diki Kurnia Putra. Kami akan melaksanakan survei indek kepuasan masyarakat terhadap kepemimpinan Lis-Syahrul saat ini. Jika masyarakat masih puas dengan kinerja Lis Darmansyah, kami rasa untuk apa diganti yang lain pada Pilkada 2018,” ujar Rona, Kamis (25/05) malam di Kantor Hanura Tanjungpinang.

Rona berjanji akan mengumumkan calon dari partainya usai lebaran 1438 H, tahun ini.

“Setelah hari raya Idul Fitri, Partai Hanura akan membuka pendaftaran Calon Wako Tanjungpinang. Untuk kerja Tim Pemilu melakukan penjaringan Caleg. Kami juga akan mengusung kader sendiri di Pilkada 2018 paling tidak bisa menempati posisi Wako atau Wawako,” terang Rona.

Kadernya, Lanjut Rona dalam menghadapi event politik lebih mengedepankan politik beretika dan hati nurani, serta dirinya siap maju karena lebih terhormat mengusung kader sendiri dalam Pilkada Tanjungpinang 2018.

“Saya siap maju dengan pertimbangan realistis. Kami berupaya menjadi partai pengusung. Tidak ada kamus kami menjadi partai pendukung. Kami sadar hanya memiliki 4 kursi, dan kami pasti berkoalisi dengan partai-partai yang mempunyai visi dan misi sama kedepan. Mau nomor 1 atau 2 kami akan mengusung kader sendiri,” tutup Rona.

Keputusan untuk mengusung kader sendiri juga dikemukakan Partai Golkar melalui Akbar tanjung saat berada di kota Tanjung pinang tersebut ,ia menyakini, dengan pengalaman Ade sebagai Wakil ketua DPRD Kota Tanjungpinang itu dapat menjadi modal terkuat untuk maju dalam pertarungan merebut kursi orang nomor satu di Kota Tanjungpinang.

“Saya berpendapat dia sebagai kader golkar layak untuk diapresikan sebagai Walikota Tanjungpinang, karena dia sudah membuktikannya selama ini dengan mampu membangun partai golkar di Tanjungpinang,” ucapnya.

Akbar enggan berkomentar lebih lanjut saat singgung tentang calon lain yang akan di calon oleh Partai Golkar untuk menduduki kursi orang nomor satu di Kota Tanjungpinang.

“Saya belum tau, dan saya baru melihat sosok Ade Angga saja yang layak untuk di calonkan sebagai Walikota Tanjungpinang karena dia sudah tau tentang kondisi daerah ini,” tutupnya.

Pengamat Politik Nilai Syahrul Berpeluang Melawan Incumbent

Pengamat politik dari Universitas Maritim Raja Haji Fisabillah (Umrah), Afrizal menilai figur kuat yang sanggup menandingi Walikota Tanjungpinang saat ini Lis Darmansyah, dalam pertarungan memperebutkan kursi orang nomor satu di Kota Tanjungpinang yakni H Syahrul.

“Saat ini yang paling berpeluang melawan incumben adalah Syahrul,” sebut Afrizal

Ketika disinggung soal peluang Ade Angga figur yang begitu getol dalam bursa bakal calon Walikota Tanjungpinang.

Afrizal menilai Wakil ketua DPRD Tanjungpinang ini belum cukup kuat untuk melawan Lis Darmansyah dalam perebutan kursi orang nomor 1 di Kota Tanjungpinang.

“Kalau Ade Angga belum layak karena dia belum mempunyai pengalaman politik yang cukup untuk melawan incumben,” ucapnya.

Afrizal menyarankan agar Ade, ikut mencalonkan sebagai Wakil bukan sebagai Walikota.

“Kalau sebagai Wakil saya yakin bisa menang,” katanya.

Selain itu, Afrizal menilai figur yang tepat untuk memdampingi H Syahrul dalam perebutan kursi orang nomor 1 di Kota Tanjungpinang tahun 2018 mendatang adalah Ing Iskandarsyah.

Karena, kata dia, Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kepri tersebut mempunyai bisa menjadi jembatan antara pemerintah Provinsi Kepri dengan Pemko Tanjungpinang.

“Dia dekat sama pemerintah provinsi saya yakin Pemko Tanjungpinang bisa maju kalau Syahrul mengambil Ing Iskandarsyah sebagai wakilnya,” tutupnya.
(red/Budi Arifin/lantas)

Pemerintah Provinsi Kepri