Pilpres AS: Hari Ini Rakyat Amerika Serikat Tentukan Donald Trump atau Joe Biden

Pilpres AS: Hari Ini Rakyat Amerika Serikat Tentukan Donald Trump atau Joe Biden

KEPRIBETTER.COM, Washington (AS) — Selasa (3/11/2020) adalah hari penentuan bagi rakyat Amerika Serikat siapa presiden yang akan memimpin Negara adidaya itu empat tahun kedepan. Pada Pilpres AS ini Joe Biden menantang presiden petahana Donald Trump.

Presiden AS Donald Trump dan penantangnya dari Partai Demokrat Joe Biden telah menghabiskan jam-jam terakhir pemilihan Gedung Putih menyampaikan pidato penutupan mereka kepada para pemilih di negara bagian yang kritis.

Biden berkampanye di Pennsylvania dan Ohio, saat Trump mengunjungi lokasi pemungutan suara di Wisconsin, Michigan, North Carolina, dan Pennsylvania.

Jajak pendapat nasional menunjukkan keunggulan tegas untuk Biden dalam pemilihan hari Selasa, seperti dilansir BBC, Selasa (3/11/2020).
Tetapi keunggulannya lebih sempit di beberapa negara bagian yang dapat menentukan hasil.

Lebih dari 98 juta orang telah memberikan suara mereka pada pemungutan suara awal, menempatkan negara di jalur jumlah pemilih tertinggi dalam satu abad.

Dalam pemilihan AS, para pemilih memutuskan kontes tingkat negara bagian daripada pemilihan nasional secara keseluruhan.

Untuk menjadi presiden terpilih, seorang kandidat harus memenangkan setidaknya 270 suara di apa yang disebut electoral college. Setiap negara bagian AS mendapat jumlah suara tertentu sebagian berdasarkan populasinya dan ada total 538 yang akan diperebutkan.

Sistem ini menjelaskan mengapa seorang kandidat mungkin saja memenangkan suara terbanyak secara nasional – seperti yang dilakukan Hillary Clinton pada tahun 2016 – tetapi tetap kalah dalam pemilihan.

Pemungutan suara hari Selasa dilakukan di tengah pandemi virus korona yang sedang berlangsung. AS telah mencatat lebih banyak kasus dan lebih banyak kematian daripada negara lain di seluruh dunia, melaporkan lebih dari 81.000 infeksi baru.

penulis:tata

Pemerintah Provinsi Kepri