Cuma di Jepang, Toilet Umum Pakai Kaca Tembus Pandang

Cuma di Jepang, Toilet Umum Pakai Kaca Tembus Pandang

KEPRIBETTER.COM, Tokyo – Toilet umum biasanya merupakan tempat yang paling dicari oleh siapa saja yang terlalu banyak minum atau kebelet ingin buang air kecil, tetapi beberapa mungkin akan bingung ketika mereka menemukan toilet yang baru saja dibuka di taman Tokyo.

Terbuat dari kaca khusus, bilik menjadi buram saat kunci diputar, tetapi sebaliknya benar-benar tembus pandang, dengan wastafel, urinal, dan mangkuk toilet dalam tampilan penuh.

Toilet dirancang oleh arsitek Shigeru Ban sebagai bagian dari Proyek Toilet Tokyo, yang didukung oleh The Nippon Foundation, sebuah organisasi nirlaba.

Dengan memasang toilet bergaya di ruang publik, proyek ini berharap dapat mengubah pandangan umum bahwa fasilitas tersebut adalah tempat yang gelap dan kotor.

“Akan sangat menyenangkan melihat Tokyo Toilets menjadi model toilet tidak hanya di Jepang tetapi juga di seluruh dunia,” kata Direktur Program Nippon Foundation Hayato Hanaoka, seperti dilansir Channel News Asia.

Bagaimana reaksi warga Jepang, sangat beragam. “Benar-benar keren, tapi tidak terlalu santai,” kata Arisa Komori, 28 tahun, yang mengunjungi taman bersama temannya dan menggunakan toilet. “Tapi itu juga cantik,” tambahnya sambil tertawa.

Beberapa orang mengatakan bahwa melihat ke dalam toilet terlebih dahulu membuat mereka merasa lebih aman dalam menggunakannya.

“Anda dapat melihat langsung bahwa tidak ada orang mencurigakan yang bersembunyi di toilet, jadi saya menghargai bahwa saya merasa lebih aman membiarkan anak-anak saya menggunakan toilet,” kata Chieri Kurokawa, 36, yang tinggal di dekat situ dan membawa dua putranya yang masih kecil. bermain di taman.

Sebagai bagian dari proyek, total 17 toilet umum akan didesain ulang oleh arsitek dan desainer ternama, termasuk pemenang Pritzker Prize Tadao Ando dan Kengo Kuma.

Bagaimana bila toilet ini dipasang di Indonesia, ada yang ngintip gak ya?

Penulis: Tata

Pemerintah Provinsi Kepri