Electoral College, Sistem Pemilihan Presiden di AS Yang Tak Langsung

Electoral College, Sistem Pemilihan Presiden di AS Yang Tak Langsung

KEPRIBETTER.COM, Washington AS -Warga Amerika yang pergi ke tempat pemungutan suara pada Hari Pemilu sebenarnya tidak memilih Presiden secara langsung. CNN world menjelaskan bagaimana pemilihan Presiden AS lebih rumit. Pilpres di Indonesia, lebih sederhana.

Secara teknis, mereka memilih 538 pemilih yang, menurut sistem yang ditetapkan oleh Konstitusi, bertemu di negara bagian masing-masing dan memilih Presiden dan Wakil Presiden. Orang-orang ini, para pemilih, adalah Dewan Pemilihan, dan suara mereka kemudian dihitung oleh Presiden Senat dalam sesi gabungan Kongres.

Mengapa para perumus memilih sistem ini? Ada beberapa alasan: Pertama, mereka takut pada faksi dan khawatir pemilih tidak akan membuat keputusan yang tepat. Mereka tidak ingin memberi tahu negara bagian bagaimana melakukan pemilihan mereka.

Ada juga banyak yang takut bahwa negara bagian dengan populasi pemilih terbesar pada akhirnya akan memilih Presiden. Yang lain lebih suka gagasan Kongres memilih Presiden, dan ada proposal pada saat pemilihan umum nasional. Electoral College adalah kompromi.

Noda perbudakan ada di Electoral College seperti di seluruh sejarah AS. Rumus pembagian anggota kongres, yang secara langsung terkait dengan jumlah pemilih, pada saat itu bertumpu pada Kompromi 3/5, di mana setiap budak di suatu negara bagian dihitung sebagai pecahan dari seseorang untuk membagi kursi kongres. Ini memberi negara-negara bagian di Selatan dengan banyak budak lebih banyak kekuasaan meskipun sebagian besar penduduk mereka tidak dapat memilih dan tidak bebas.

Bagaimana itu bekerja?

Ada seorang pemilih untuk setiap anggota Dewan Perwakilan (435) dan Senat (100), ditambah tiga orang tambahan untuk orang-orang yang tinggal di District of Columbia.

Setiap negara bagian mendapat setidaknya 3 pemilih. California, negara bagian terpadat, memiliki 53 anggota kongres dan dua senator, jadi mereka mendapatkan 55 suara elektoral.

Texas, negara bagian yang paling bersandar pada Partai Republik, memiliki 36 anggota kongres dan dua senator, sehingga mereka mendapatkan 38 suara elektoral.

Enam negara bagian – Alaska, Delaware, Montana, North Dakota, Vermont, dan Wyoming – sangat kecil, berdasarkan populasi, sehingga mereka hanya memiliki satu anggota kongres masing-masing, dan tiga suara elektoral serendah mungkin. District of Columbia juga mendapat tiga suara elektoral.

Para pemilih di Puerto Rico dan wilayah non-negara bagian lainnya tidak mendapatkan suara elektoral, meskipun mereka dapat mengambil bagian dalam pemilihan pendahuluan presiden.

Negara bagian bertugas memilih pemilihnya sendiri. Dan sejumlah negara bagian tidak mengharuskan pemilihnya menghormati hasil pemilu, yang kadang-kadang menyebabkan fenomena yang dikenal sebagai “pemilih yang tidak setia”.

Diperlukan 270 suara elektoral untuk mendapatkan mayoritas dari Electoral College. Jumlah total pemilih – 538 – tidak dapat berubah kecuali ada lebih banyak anggota parlemen ditambahkan di Capitol Hill atau amandemen konstitusi. Tetapi jumlah pemilih yang dialokasikan untuk setiap negara bagian dapat berubah setiap 10 tahun, setelah Sensus yang diamanatkan oleh konstitusi.

Jumlah anggota kongres disesuaikan kembali – istilah teknisnya – sesuai dengan perubahan populasi. Beberapa negara bagian mendapatkan satu atau dua kursi DPR dan yang lainnya kehilangan beberapa kursi. Tidak ada negara bagian, sekecil apa pun, yang dapat memiliki nol anggota Kongres.

Tapi inilah mengapa terjadi perdebatan politik yang panas mengenai apakah Sensus AS harus menanyakan apakah seseorang adalah warga negara. Beberapa khawatir bahwa menanyakannya dapat membuat penghitungan populasi yang akurat menjadi lebih sulit, atau bahwa negara bagian dengan banyak imigran dapat berakhir dengan lebih sedikit anggota parlemen dalam pemilihan mulai tahun 2022, setelah Sensus 2020 selesai.

Jika ada keterikatan di antara pemilih atau jika tidak ada yang mendapat suara mayoritas, maka pemilihan akan dilakukan di Dewan Perwakilan Rakyat. Setiap delegasi anggota parlemen negara bagian mendapat satu suara dan mereka memilih di antara tiga peraih suara elektoral teratas.

Menurut Amandemen ke-12, jika tidak ada yang memperoleh suara mayoritas dengan tenggat waktu tertentu, Wakil Presiden menjadi Presiden. Jika Wakil Presiden tidak mendapat suara mayoritas, maka delegasi DPR dimaafkan dan hanya senator yang memilih Wakil Presiden.

Amandemen ke-20 mengubah tenggat waktu dari 4 Maret menjadi 20 Januari.
Sebagian besar negara bagian (kecuali Maine dan Nebraska, yang membagi beberapa suara elektoral mereka) memberikan semua suara elektoral mereka kepada orang yang memenangkan suara populer di negara bagian tersebut.

Ada bagian yang sangat Demokrat di Texas dan bagian California yang sangat Republik, misalnya. Tetapi kecuali negara bagian tersebut bergerak untuk membagi suara elektoral mereka secara berbeda, hanya suara rakyat negara bagian yang benar-benar penting.

Penulis: Tata

Pemerintah Provinsi Kepri