Teleskop Raksasa yang Pernah Jadi Setting Film James Bond Roboh

Teleskop Raksasa yang Pernah Jadi Setting Film James Bond Roboh

KEPRIBETTER.COM, Puerto Rico – Sebuah teleskop radio besar Arecibo di Puerto Rico telah runtuh setelah beberapa dekade penemuan astronomi.  Yayasan Sains Nasional AS (NSF) mengatakan platform instrumen 900 ton teleskop jatuh ke piringan reflektor sekitar 450 kaki (137m) di bawah.

Itu terjadi hanya beberapa minggu setelah para pejabat mengumumkan bahwa teleskop akan dibongkar di tengah kekhawatiran akan keamanan, menyusul kerusakan pada sistem pendukungnya.

Teleskop Observatorium Arecibo adalah salah satu yang terbesar di dunia. NSF mengatakan teleskop itu runtuh sekitar pukul 07:55 waktu setempat (11:55 GMT) pada hari Selasa (1/12/20), “mengakibatkan kerusakan pada piringan dan fasilitas sekitarnya”.

Teleskop terdiri dari piringan radio selebar 1.000 kaki dengan platform instrumen tergantung 450 kaki di atas. Platform digantung oleh kabel yang terhubung ke tiga menara.

NSF mengatakan penyelidikan jatuhnya platform sedang berlangsung.

Itu adalah sumber daya ilmiah utama bagi astronom radio selama 57 tahun, dan juga terkenal sebagai setting Film Golden Eye yang dibintangi Pierce Brosnan sebagai James Bond pada 1995, dan drama fiksi ilmiah 1997 Film Contact, yang dibintangi Jodie Foster dan Matthew McConaughey.

“Penemuan awal menunjukkan bahwa bagian atas dari ketiga menara pendukung teleskop putus. Saat platform instrumen seberat 900 ton jatuh, kabel pendukung teleskop juga jatuh,” katanya dalam sebuah pernyataan kepada BBC.

“Penilaian awal menunjukkan pusat pembelajaran observatorium mengalami kerusakan signifikan akibat kabel yang jatuh,” tambahnya.

Penulis : Tata

Pemerintah Provinsi Kepri