Pesawat Antariksa Untuk Wisata ke Mars Sudah Diujicoba

Pesawat Antariksa Untuk Wisata ke Mars Sudah Diujicoba

KEPRIBETTER.COM, Texas, AS – Pengusaha AS Elon Musk telah meluncurkan prototipe terbaru kendaraan Starship miliknya dari Texas. Dengan nama kode SN8, roket tanpa awak itu diangkat dari fasilitas Litbang Boca Chica pada apa yang disebut sebagai penerbangan singkat ke 12,5 km (41.000 kaki).

Kendaraan setinggi 50m itu jatuh saat mendarat, tetapi Musk senang dengan hasil tes yang dicapai, ungkapnya dari situs BBC World, Kamis (10/12/20).

Sebelum penerbangan, miliarder teknologi itu telah mengurangi ekspektasi, memperingatkan penggemarnya bahwa kemungkinan terjadi kecelakaan. Meskipun demikian, Musk memiliki harapan besar untuk Starship saat dikembangkan sepenuhnya. Dia mengatakan itu adalah masa depan perusahaan SpaceX-nya.

Starship akan meluncurkan orang dan kargo ke orbit, dan pengusaha juga membayangkan kendaraan yang akan melakukan perjalanan ke Bulan dan Mars.

CEO SpaceX memuji timnya, menambahkan bahwa demonstrasi tersebut telah memperoleh “semua data yang kami butuhkan”.

Fasilitas Boca Chica telah mengembangkan serangkaian prototipe yang semakin kompleks. Filosofinya telah menguji setiap iterasi sampai gagal. Terkadang meledak-ledak. SN8 adalah orang pertama yang mencoba penerbangan suborbital ketinggian tinggi.

Rencananya adalah untuk menguji beberapa manuver yang meniru masuk kembali ke atmosfer bumi yang menghadap perut, berakhir dengan membalikkan kembali ke vertikal sebelum touchdown.

Sebagian besar telah tercapai: peluncuran yang bersih dari landasan, pendakian yang stabil ke ketinggian, diikuti dengan penurunan horizontal. Tetapi ketika Starship mencoba membalikkan kembali ke vertikal, hal-hal mulai menjadi tidak beres.

Kendaraan itu masuk ke landasan pendaratan dengan kecepatan terlalu tinggi, dan langsung meledak saat menabrak.

“Tekanan tangki bahan bakar rendah selama pembakaran pendaratan, menyebabkan kecepatan pendaratan menjadi tinggi & RUD,” jelas Musk di Twitter.

Mr. Musk akan bergerak cepat. Dia sudah memiliki prototipe lain di Boca Chica yang siap menggantikan SN8.

Penulis: Tata

Pemerintah Provinsi Kepri