Bos Tesla Elon Musk Serius Jajaki Investasi Landasan Peluncuran SpaceX di Biak

Bos Tesla Elon Musk Serius Jajaki Investasi Landasan Peluncuran SpaceX di Biak

KEPRIBETTER.COM, Jakarta – Bos mobil listrik Tesla dan juga pemilik perusahaan dirgantara Space X Elon Musk, serius menjajaki investasi di Indonesia. Ia sudah ditawari lokasi peluncuran satelit yang persis di garis khatulistiwa di Pulau Biak, Papua.

Presiden Joko Widodo mengundang Musk untuk melihat Indonesia sebagai landasan peluncuran SpaceX,” kata sumber di Kementerian Koordinasi Bidang Maritim dan Investasi kepada BBC World, Senin (14/12/2020).

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) berencana untuk membangun pelabuhan antariksa pertamanya. Itu akan berlokasi di Biak. Pengembangan kedirgantaraan berskala besar membutuhkan investor internasional dan SpaceX adalah salah satu mitra yang mungkin telah didekati.

Negara Asia Tenggara itu sudah dalam pembicaraan dengan Mr. Musk Tesla tentang kemungkinan kemitraan baterai listrik.

Menurut Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Indonesia, Presiden Joko Widodo telah berdiskusi dengan Musk.

Miliarder Tesla itu mengirim tim ke Indonesia pada Januari untuk melihat investasi potensial, tambahnya. Salah satu opsi yang akan dibahas adalah membangun pabrik di Jawa Tengah.

Indonesia adalah rumah bagi cadangan tembaga, nikel dan timah yang besar, dan bertujuan untuk menjadi produsen baterai kendaraan listrik terbesar di dunia.

“Nikel adalah tantangan terbesar untuk baterai bervolume tinggi dan jarak jauh! Australia dan Kanada melakukannya dengan cukup baik. Produksi nikel AS secara obyektif sangat timpang. Indonesia hebat!” Mr Musk tweet awal tahun ini.

Penulis : Tata

Pemerintah Provinsi Kepri