Satelit China Berhasil Mendarat Dengan Membawa Batuan Bulan

Satelit China Berhasil Mendarat Dengan Membawa Batuan Bulan

KEPRIBETTER.COM, Beijing, China – Pada Kamis dini hari waktu Beijing, misi Chang’e-5 tak berawak negara itu kembali ke Bumi membawa sampel bulan pertama negara itu, menurut kantor berita China, Xinhua, Kamis (17/12/20).

Sampel diambil dari area bulan yang sebelumnya tidak dikunjungi, dan juga merupakan sampel pertama yang dikumpulkan oleh negara mana pun sejak tahun 1970-an.

Kapsul yang kembali mendarat di Siziwang Banner, yang terletak di utara Daerah Otonomi Mongolia Dalam China, tepat sebelum 2 pagi Kamis waktu Beijing (1 siang ET Rabu), menurut Administrasi Luar Angkasa Nasional China (CNSA).

Wahana, dinamai sesuai dewi bulan di Tiongkok kuno, pertama kali lepas landas dari Situs Peluncuran Pesawat Luar Angkasa Wenchang di Hainan pada 24 November.

Ia mendarat di sisi dekat bulan pada tanggal 1 Desember, di dataran lava besar yang dikenal sebagai Oceanus Procellarum, atau “Ocean of Storms.” Menurut NASA, titik gelap besar ini bisa jadi merupakan bekas luka dari tabrakan kosmik raksasa yang menciptakan lautan magma purba.

Sampel dari wilayah ini dapat membantu para ilmuwan memahami lebih lanjut tentang asal-usul dan fondasi bulan – dan menetapkan dasar untuk misi pengambilan sampel yang lebih kompleks di masa depan, berpotensi di planet lain.

Setelah kapsul yang dikembalikan mendarat kembali di Bumi, kapsul akan diterbangkan ke Beijing, di mana kapsul akan dibuka dan sampelnya akan siap untuk dianalisis dan dipelajari. China juga akan menyediakan beberapa sampel bagi para ilmuwan di negara lain, kata Pei Zhaoyu, wakil direktur di CNSA.

Pencapaian China mengikuti Amerika Serikat dan Uni Soviet, yang sama-sama mengumpulkan sampel bulan beberapa dekade lalu.

Pemerintah Provinsi Kepri