Dikawal Selama Dua Hari, Akhirnya Vaksin di Pulau Sailus Pangkep Tiba

Dikawal Selama Dua Hari, Akhirnya Vaksin di Pulau Sailus Pangkep Tiba

KEPRIBETTER.COM, Sulsel – Pulau Sailus yang terletak di cakupan Wilayah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan mendapatkan pendistribusian Vaksin Jenis Sinovac yang disalurkan langsung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pangkep, Selasa (16/02/2020).

Sebelumnya sebanyak 15 orang pegawai puskesmas telah menjalani Vaksinisasi tahap awal di posko kesehatan yang berlokasi di Kota Pangkep, dan rencananya pihak Puskesmas akan kembali menggelar proses Vaksinisasi di Pulau Sailus.

Saat ditemui ditempat Vaksinisasi tahap awal, Kepada awak Media. Kepala Puskesmas Sailus. Hatibu S. Kep. Ns. Menuturkan bahwa kedepan pihaknya akan kembali menggelar Vaksinasasi yang diperuntukan oleh Pegawai dan Staf Desa.

“Beberapa pegawai sebelumnya telah divaksin di Kota Pangkep, dan sisanya akan kembali dilanjutkan di Pulau Sailus,” Kata Kepala Puskesmas. Sailus. Hatibu S. Kep. Ns.

Pendistribusian Vaksin Jenis Sinovac dikawal ketat oleh personil TNI/POLRI menggunakan kapal KM. Sabuk Nusantara 66. Kabupaten Pangkep sendiri mendapatkan jatah Vaksin sebanyak (5.800 dosis)

“Masih ada 32 pegawai yang belum di vaksin dengan alasan mereka ada di pulau, jadi lewat pendistribusian Vaksin ini nantinya mereka akan mendapatkan bagian, bersamaan dengan Staf Desa Sailus,” tambah Kepala Puskesmas Sailus.

Rencanya kedepan setelah seluruh Tenaga Medis dan Staf Desa telah menjalani Vaksin, terhitung sebanyak sekitar 2000 Masyarakat telah di data oleh pihak puskesmas dan rencananya masyarakat juga akan menjalani Vaksinisasi tahap tiga dengan waktu yang belum ditentukan.

“Wilayah Puskesmas Sailus mencakup sembilan pulau, jadi nantinya kami akan membagi tenaga medis guna mempercepat proses Vaksinisasi,” imbuh Kepala Puskesmas Sailus.

Saat ditemui diwaktu yang sama, Kapolsek Liukang Tangaya. Menjelaskan bahwa pendistribusian Vaksin Sinovac dibawa menggunakan kapal air dengan kurun waktu selama dua hari.

“Proses pengiriman Vaksin ini berjalan selama dua hari dikarenakan jarak tempuh pulau sailus dengan kota pangkep memang cukup jauh dan harus berada di kapal hingga dua hari,” beber Supriadi, Kapolsek Liukang Tangaya.

Pulau Sailus sendiri merupakan Pulau Terluar yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan dengan letak geografi posisi tertinggi yaitu 22 meter diatas permukaan laut. Tidak ada dataran tinggi ataupun bukit di pulau seluas 4.17 km 2. Dengan bentangan 3.1 km dari utara ke selatan dan 2.3 km dari barat ke timur.

Penulis: NFJ (Sulsel)

Pemerintah Provinsi Kepri