Lepas Calon Bintara dan Calon Tamtama di Gedung Sultan Hasanuddi Mako Lantamal Vl Makassar, Ini Arahan Danlantamal Vl

Lepas Calon Bintara dan Calon Tamtama di Gedung Sultan Hasanuddi Mako Lantamal Vl Makassar, Ini Arahan Danlantamal Vl

KEPRIBETTER.COM, Makassar – Bertempat di Gedung Sultan Hasanuddin Mako Lantamal VI, Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP melepas keberangkatan Calon siswa Bintara Pria dan Wanita dan Tamtama Prajurit Karir (PK) Gelombang I TA. 2021 Panda Makassar untuk menjalani Pendidikan di Satuan Pendidikan (Satdik) 2 TNI AL, Rabu (21/4/21).

Adapun jumlah para calon siswa yang mengikuti seleksi pusat tersebut terdiri dari Calon Bintara (Caba) Pria berjumlah 41 orang dan Calon Bintara Wanita (Cabawan) berjumlah 7 orang sedangkan untuk Calon Tamtama berjumlah 73 orang. yang mengikuti seleksi pusat terdiri dari Caba Pria 16 orang dan Caba Wanita 5 orang.

Sebelum masuk pendidikan di Satdik 2 TNI AL, para calon diberangkatkan untuk mengikuti test akhir Panitia Pusat yang meliputi Test Kesehatan dan Kejiwaan serta Parade Pantukhir, para calon telah mengikuti beberapa tahapan test awal yang dilaksanakan oleh Panitia Penerimaan Daerah (Panda) Makassar yaitu Lantamal VI, yang meliputi Test Administrasi, Test Kesehatan 1 dan 2, Test Kesamaptaan Jasmani serta Test Psikologi oleh Tim dari Dinas Psikologi Angkatan Laut.

Sebelum berangkat dilaksanakan  pengecekan terhadap  para calon oleh Tim Panda Makassar mengenai kelengkapan Administrasi, dilanjutkan dengan pembekalan oleh Danlantamal VI mengenai hal-hal yang harus di patuhi selama mengikuti Test dan memotivasi perjuangan dalam mengikuti tes dari Panitia Pusat nantinya.

Dalam arahan pembekalannya, Danlantamal VI mengungkapkan bahwa seluruh para calon siswa Caba dan Catam PK gelombang I TA. 2021 ini akan melaksanakan pendidikan di Satuan Pendidikan (Satdik) 2 Makassar yang berada di wilayah Lantamal VI.

“Tujuan diadakannya satuan pendidikan di Makassar ini adalah untuk mengisi kekosongan organisasi TNI AL wilayah Sulawesi dan sekitarnya yang nantinya akan menjadi prajurit pengawak KRI atau KAL serta prajurit Marinir”, ujarnya.

“Kepada para orang tua, diharapkan dapat ikhlas melepas anaknya dan dipercayakan kepada negara untuk di didik menjadi Prajurit TNI AL serta sanggup di tempatkan dimana saja sebagai Garda terdepan untuk menjaga kedaulatan wilayah NKRI di wilayah laut”, tambahnya.

Danlantamal VI juga berpesan untuk tetap menjaga kesehatan dan yang paling penting selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan teradap Tuhan YME. “Senantiasa berdoa, dan jangan lupa meminta restu dari kedua orang tua,” demikian pesan yang disampaikan oleh Danlantamal VI.

Usai pembekalan, dilanjutkan dengan sesi foto dengan Danlantamal VI bersama pejabat diantaranya Aspers dan Asintel Danlantamal VI, Kadisminpers Lantamal VI serta Kadiskes Lantamal VI.

Penulis : Nur Fajriansyah

Pemerintah Provinsi Kepri