Besok, ILUNI FKUI Adakan Serbuan Vaksin Masal di Banyumas

Besok, ILUNI FKUI Adakan Serbuan Vaksin Masal di Banyumas

Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran (ILUNI) FKUI Foto bersama, Jumat (10/12/21). Foto: Dok ILUNI FKUI

KEPRIBETTER.COM, JAKARTA – Dalam rangka mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi demi tercapainya Kekebalan Kelompok (Herd Immunity), serta percepatan pulihnya perekonomian nasional, Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran  Universitas Indonesia (ILUNI) FKUI akan menggelar Serbuan Vaksinasi di Kabupaten Banyumas, Sabtu besok, (11/12).

“Acara Bakti Sosial Serbuan vaksinasi massal vaksin covid-19 dari ILUNI FKUI untuk Banyumas diselenggarakan hari Sabtu pagi pukul 7.00 yang akan dibuka secara resmi oleh Bupati Banyumas di GOR Satria Purwokerto serta dilaksanakan serentak di beberapa Rumah Sakit dan Puskemas di Banyumas,” jelas salah satu panitia, dr. Aryati Wulandari Partodimulyo, SpAn Jumat, (10/12/2021).

Dijelaskannya, pihak panitia telah menyiapkan 20.000 dosis vaksin Covid-19 sebagai wujud kepedulian ILUNI FKUI dalam membantu program pemerintah meningkatkan cakupan vaksinasi di masyarakat. Selain itu, dihari yang sama ILUNI FKUI juga akan menggelar acara kedua berupa Seminar Nasional Strategi Kesiapsiagaan Bencana Pandemi yang diselenggarakan di Taman Orthonirwana RS Orthopaedi Purwokerto dengan menghadirkan sejumlah pembicara mumpuni.

“Keynote speaker akan disampaikan Bapak Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Narasumber lainnya antara lain Ir Achmad Husein (Bupati Banyumas), Prof dr Ari Fahrial Syam (Dekan FKUI), dr Mohamad Adib Khumaidi (ketua Terpilih PB IDI), Prof dr Tjandra Yoga Aditama (Guru Besar Pulmonologi FKUI), dr Pukovisa Prawiroharjo (Majelis Etik Pusat IDI), dr Hervita Diatri (Komite Mutu & Keselamatan RSCM) dengan dimoderatori oleh Dr Imam S Prasodjo (Sosiolog UI) dan dr Mohammad Subuh (Staf Ahli Kemenkes RI),” ujar dr. Aryati Wulandari Partodimulyo.

Ditegaskannya, seluruh acara tersebut tentu saja tidak lepas dari kerja keras panitia lokal yaitu ILUNI FKUI  Banyumas Raya yang diketuai oleh dr Iman Solichin, SpOT-KSpine, yang akan dikukuhkan kepengurusannya  dalam acara bertema Guyub Rukun Alumni FKUI Banyumas Raya yang bertempat di Taman Orthonirwana RS Orthopaedi Puwokerto selepas seminar nasional. 

Acara penutup kegiatan ILUNI FKUI di Sarasehan Nasional nanti adalah Bincang Sehat Minggu Pagi untuk masyarakat awam bertajuk Waspadai Omicron yang akan diselenggarakan secara online pada Minggu pagi tanggal 12 Desember 2021 mulai jam 9 pagi sampai jam 10.30. 

Bincang sehat tersebut menghadirkan pembicara kompeten, antara lain dr Erlina Burhan (Departemen Pulmonologi FKUI) dan dr Nurul Ratna Mutu Manikam (Departemen Gizi FKUI) dengan dr Ardi Findyartini (Departemen Pendidikan Kedokteran FKUI) sebagai moderator.

Pemerintah Provinsi Kepri