Ketum FKMTI: Rakyat Berhadapan dengan Pengembang Besar Dipastikan Kalah

Ketum FKMTI: Rakyat Berhadapan dengan Pengembang Besar Dipastikan Kalah

Ketua Forum Korban Mafia Tanah Indonesia (FKMTI) SK Budiarjo. (Foto: Dok FKMTI)

KEPRIBETTER.COM, Jakarta – Jika rakyat biasa berhadapan dengan pengembang besar dalam sengketa tanah, pasti dikalahkan. Hal ini dikatakan Ketua Forum Korban Mafia Tanah Indonesia (FKMTI) SK Budiarjo.

“Mohon maaf, FKMTI ini sudah bisa dibilang mau apapun kita laporkan, kalau sudah berhadapan dengan pengembang besar bisa dipastikan kalah,” ujar SK Budiarjo di diskusi FORUM Indonesia Adil bertema ‘Mafia Tanah Siapa Dalangnya’ di Jakarta, Senin (10/1/2022).

Padahal, kata Budi, jika proses penyerobotan lahan yang dilakukan para pengembang besar itu tetap dibiarkan maka yang terjadi adalah perang saudara.

“Sebab katakan sang rakyat biasa itu tidak akan berbuat banyak karena tidak punya kekuatan tetapi kalau dia punya keturunan dan punya kekuatan apakah ini tidak akan bertarung,” tuturnya.

Karena itu, Budi pun menyarankan agar ada aturan soal jaminan dari pengembang kepada konsumennya bahwa lahan atau rumah yang dia beli tidak akan disengketakan.

“Karena jangan sampai nanti pengembangnya pergi lalu pemilik tanah yang sah malah berhadapan dengan pembeli lahan yang beritidkat baik. Makanya harus ada jaminan dari pengembang,” ucapnya.

Pemerintah Provinsi Kepri