PT Timah Perusahaan BUMN yang Terbuka Dalam Informasi Publik

PT Timah Perusahaan BUMN yang Terbuka Dalam Informasi Publik

Penyaluran CSR PT Timah. (Foto: Fernando)

KEPRIBETTER.COM, KARIMUN – PT Timah adalah menjadi salah satu perusahaan BUMN yang senantiasa terbuka dalam informasi ke publik.

Dan penggunaan dana CSR. Salah satu wujud komitmen perseroan dalam mendukung pembangunan berkelanjutan adalah dengan menjalankan berbagai kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Kamis (7/4/2022).

Didalam tujuannya untuk memberikan manfaat yang berkesinambungan bagi masyarakat sekitar adalah kita harus bekerjasama baik di dalam di lingkungan kita.

Tahun 2021, PT Timah Tbk telah mengeluarkan dana CSR sebesar Rp54,31 miliar yang disalurkan ke seluruh wilayah operasional perusahaan.

Penyaluran CSR ini meningkat sebesar 108 persen dari rencana penyaluran sebesar Rp50,2 miliar rupiah.

PT Timah Tbk menyalurkan CSR ke Provinsi Kepulauan Riau sebesar Rp6,68 miliar, ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebesar Rp42,08 miliar, dan ke Jakarta sebesar Rp1,50 miliar rupiah.

Fan penyaluran dana CSR terbagi dalam program Tanggung Jawab Sosial (TJSL) dan program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil.

Untuk program (TJSL) dana yang dikucurkan sebesar Rp31,870 miliar yang direalisasikan dalam beberapa program yakni fishing ground bersama masyarakat nelayan, Tinskubator, Eco-Village Srimenanti, Entreprenuer lidi nipah.

Timah Mengajar melalui program Pendidikan beasiswa di SMAN 1 Pemali, Mitigasi perubahan iklim dengan penanaman mangrove, membantu perkebunan masyarakat di lingkar tambang, serta pelestarian lingkungan hewan endemik dan tahura dan yang lain.

Dan untuk program PUMK, Timah Tbk menyalurkan dana sebesar Rp 22,483 miliar dan selain itu telah melaksanakan beberapa program yakni pelatihan UMKM, promosi produk UMKM di Tins Gallery, promosi produk UMKM di Galeri Serumpun.

Kemudian pembuatan video produksi mitra binaan, mengikutsertakan UMKM binaan ke pameran di Bangka Belitung serta Nasional (Jakarta, Solo, Banten) dan peningkatan kualitas mitra binaan untuk naik kelas.

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan dan mengatakan dalam penyaluran CSR PT Timah Tbk berupaya untuk melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan, berbasikan potensi yang dimiliki daerah.

“PT Timah Tbk sebagai representasi negara dalam penambangan timah tidak hanya sekadar menambang, namun juga mengambil peran dalam memajukan ekonomi, pembangunan dan kemajuan daerah salah satunya melalui CSR,” kata Anggi. (Fernando)

Pemerintah Provinsi Kepri