FKMTI Dukung Wapres Ingatkan Menteri Jangan Sibuk Kampanye

FKMTI Dukung Wapres Ingatkan Menteri Jangan Sibuk Kampanye

Ketua FKMTI SK Budiardjo. (Dok FKMTI)


KEPRIBETTER.COM, JAKARTA – Forum Korban Mafia Tanah Indonesia (FKMTI) mendukung Wapres Ma’ruf Amin yang mengingatkan para menteri fokus bekerja menjalankan perintah Presiden Jokowi bukan sibuk kampanye untuk kepentingan sendiri atau kelompoknya.

Ketua FKMTI SK Budiardjo mengungkapkan, hingga saat ini perintah presiden di antaranya untuk selesaikan masalah dugaan kasus perampasan tanah rakyat tak kunjung diselesaikan.

Padahal, perintah presiden tersebut sudah disampaikan lebih dari 2 tahun lalu. Namun instansi terkait, seperti BPN, BUMN, Polri dan Polhukam belum juga berhasil menyelesaikan kasus perampasan tanah baik yang melibatkan negara, BUMN maupun swasta.

“Perintah presiden jelas, agar bawahannya segera menuntaskan permasalahan lahan rakyat yang diduga dikuasai negara, BUMN, maupun perusahaan swasta agar segera diselesaikan dan rakyat mendapatkan keadilan. Tapi menteri terkait malah ada yang sibuk kampanye. Jadi kami dukung Wapres yang ingatkan menteri agar fokus jalankan presiden. Masih ada waktu 2 tahun,” kepada wartawan, Senin, (16/5/2022).

Budi menambakan, selain menteri BUMN, Partai yang kadernya jadi menteri juga seharusnya juga mendorong agar menjalankan perintah Presiden Jokowi. Contoh nyatanya, lanjut Budi, kader PSI yang menjadi wamen ATR/BPN seharusnya membuat kebijakan untuk mempermudah penyelesaian kasus perampasan tanah.

“Jadi bukan hanya Erick, Thohir, Airlangga, PSI yang kadernya jadi Wamen ATR/BPN juga jangan sibuk kampanye dan memikirkan cara menggalang dukungan suara, siapa capres 2024 tetapi mengabaikan perintah presiden Jokowi untuk selesaikan perampasan tanah rakyat,” jelasnya

Sebelumnya, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dikenal pernah menjadi Ketua Umum MUI dan Rais Aam PBNU meminta para menteri tetap fokus pada pekerjaan, bukan berkampanye.

“Belum (kampanye), yang penting seperti Presiden bilang, fokus pekerjaan, tetap fokus,” kata Ma’ruf seusai menghadiri Rapat Pelaksanaan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Istana Wakil Presiden Jakarta, Kamis (11/5).

“Jangan tinggalkan pekerjaan,” tegas dia yang pernah menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut.

Pernyataan Ma’ruf tersebut senada dengan pernyataan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang meminta anggota kabinetnya untuk tetap konsentrasi pada masalah pandemi dan ekonomi global.

Dalam pengantar Sidang Kabinet Paripurna pada tanggal 9 Mei 2022, Jokowi mengatakan para menteri dan kepala lembaga betul-betul fokus bekerja pada tugasnya masing-masing agar agenda-agenda prioritas dan strategis negara dilakukan dengan baik.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. yang juga hadir dalam acara tersebut pun menyatakan setuju dengan pernyataan Wapres Ma’ruf.

“Super setuju, dan sekarang jadi klir sekali. Selama ini saya selalu menjelaskan bahwa kami fokusnya pada tugas dan fungsi, saya kebetulan ditugaskan di sektor paling berat terdampak pandemi, sektor pariwisata ekonomi kreatif, dan saya dengan penjelasan itu jelas bahwa seluruh kegiatan dipusatkan pada kebangkitan ekonomi, pariwisata ekonomi kreatif,” kata Sandiaga.

Diketahui setidaknya ada empat orang menteri yang didengung-dengungkan maju dalam pemilihan presiden pada tahun 2024

Keempatnya adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Pemerintah Provinsi Kepri