Roby Pimpin Rapat GTRA, Harapan Bagi Masyarakat Pesisir Punyai Hak Atas Tanah

Roby Pimpin Rapat GTRA, Harapan Bagi Masyarakat Pesisir Punyai Hak Atas Tanah

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan memimpin rakor GTRA, Rabu (14/9). Foto: Diskominfo


KEPRIBETTER.COM, Bintan – Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan memimpin Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA), Rabu (14/09) di Ruang Rapat II Kantor Bupati Bintan. Dihadiri oleh Kakanwil BPN Kepri Nurhadi Putra dan Kepala BPN Bintan Asnen Novizar, Rakor dilaksanakan untuk membahas prioritas kesejahteraan masyarakat di bidang pertanahan.

Roby menjelaskan terkait masalah pertanahan, masyarakat Bintan memang cukup banyak yang berdomisili di wilayah pesisir. Dimana wilayah tersebut merupakan wewenang KKP dan perlu koordinasi lebih lanjut bersama pihak BPN.

“Hampir di setiap wilayah pesisir ada masyarakat kita yang sudah berdomisili di sana, bahkan yang turun-temurun. Ada yang sudah nemiliki surat sejak lama, ada yang belum sebab banyak perubahan regulasi terkait perhitungan bibir pantai” kata Roby.

Dirinya berharap BPN bisa memberikan kontribusi terbaik untuk kenyamanan masyarakat pesisir dan juga yang terkena wilayah hutan agar bisa nyaman dan tenang tinggal di atas tanah sendiri.

Menanggapi hal itu, Kakanwil BPN Kepri menjelaskan bahwa pihaknya memang fokus pada dua titik lokasi tersebut yaitu pesisir dan hutan. Hal itu merupakan amanat Presiden RI saat melaksanakan Rakor di Wakatobi beberapa waktu lalu.

“Sampai saat ini beragam upaya kami lakukan termasuk berdiskusi langsung dengan KKP. Ada dua cara yang bisa ditempuh, intinya terus kita gesa dengan harapan masyarakat secara keseluruhan bisa memiliki hak atas tanahnya” terangnya.

Roby yang juga merupakan Ketua GTRA Bintan menyatakan siap mendukung sepenuhnya berbagai upaya tersebut. Hal ini diharapkannya akan memberi manfaat besar dan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.

Pemerintah Provinsi Kepri