Meriahkan Tahun Baru Imlek 2574, Barongsai Hibur Penumpang Di Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Meriahkan Tahun Baru Imlek 2574, Barongsai Hibur Penumpang Di Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Perayaan Imlek di Stasiun Gambir. (Foto: Humas KAI)


PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta turut memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili dengan menghadirkan Barongsai di Stasiun Gambir yang akan menyambut para pengunjung yang datang ke  Stasiun Gambir, pada Minggu (22/1). Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menambah sukacita dan menjadi pengalaman tersendiri bagi para penumpang KA, terutama bagi pelanggan KA yang merayakan Tahun Baru Imlek. Selain itu para pengunjung di Stasiun Gambir dapat melakukan foto bersama Barongsai  untuk mengabadikan momen sukacita mereka.

Selain penampilan Barongsai, PT KAI Daop 1 Jakarta juga akan membagi-bagikan sejumlah makanan dan Souvenir khas Imlek untuk pengguna beruntung yang telah memiliki aplikasi KAI Access pada perangkat ponsel nya. Sementara apresiasi dengan gift berupa smartwatch juga diberikan untuk sejumlah penumpang terpilih yang telah melakukan perjalanan terbanyak dalam 1 bulan.

Pada libur panjang akhir pekan momen Imlek volume keberangkatan penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen juga mengalami peningkatan hingga 20 persen. Hingga hari ini secara total terdapat sekitar 88 ribu tiket yang telah terjual untuk jadwal keberangkatan pada tanggal 20 s.d 23 Januari 2023. Dari jumlah tersebut 35.600 merupakan tiket keberangkatan Stasiun Gambir dan 52.400 tiket keberangkatan Stasiun Pasar senen. Angka volume penumpang berangkat masih akan mengalami perubahan mengingat penjualan tiket masih berlangsung. Untuk tanggal 20 s.d 23 Januari 2023 setiap hari nya terdapat sebanyak 57 hingga 60 KAJJ perhari yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta.

Volume penumpang berangkat pada momen libur imlek dari area Daop 1 Jakarta paling tinggi akan terjadi pada Jumat (20/1) dengan layanan 58 KA yang beroperasi, terdata sekitar 30.500  penumpang telah melakukan pemesanan tiket untuk keberangkatan hari Jumat yakni sekitar 12.300 merupakan volume penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dengan layanan operasional 29 KA dan sekitar 18.200 lainnya volume penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 29 KA.

Adapun terdapat sejumlah kota tujuan favorit yang dipilih penumpang seperti diantaranya Yogyakarta, Semarang, Purwokerto, solo, Tegal, Kutoarjo, Surabaya dan Malang, sedangkan untuk jarak dekat yakni Cirebon serta Bandung.

KAI Daop 1 Jakarta juga mengingatkan kembali kepada seluruh pengguna jasa agar memperhatikan aturan Vaksin terbaru yang berlaku saat ini khususnya perubahan aturan pada usia anak 6 s.d 12 tahun dimana saat ini anak pada usia tersebut  yang belum di vaksin tetap dapat naik kereta api dengan syarat memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas/fasilitas pelayanan Kesehatan dengan alasan tertentu atau harus didampingi oleh orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi booster.

Berikut aturan lengkap terkait Vaksin untuk penumpang KAJJ berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan dan Kementerian Kesehatan :

  1. Usia 18 tahun ke atas:
    a) Wajib vaksin ketiga (booster)
    b) WNA yang berasal dari perjalanan luar negeri, wajib vaksin kedua
    b) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah
  2. Usia 6-12 tahun:
    a) Wajib vaksin kedua
    b) Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin
    c) Tidak/belum divaksin harus memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas/fasilitas pelayanan Kesehatan dengan alasan tertentu, atau harus didampingi oleh orang tua/orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap (Vaksin 1, vaksin 2, dan booster 1) selama melakukan perjalanan. Dalam hal orang tua/orang dewasa pendamping belum mendapatkan vaksinasi lengkap karena alasan kesehatan harus dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter penanggung jawab pelayanan sesuai dengan ketentuan protokol Kesehatan bagi pelaku perjalanan
  3. Usia 13-17 tahun:
    a) Wajib vaksin kedua
    b) Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin
    c) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah
  4. Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan

KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik dan memesan tiket dari jauh hari sebelum keberangkatan karena tiket sudah dapat dipesan mulai 30 hari sebelum jadwal keberangkatan yang dipilih.

Pelanggan KA yang akan bepergian menggunakan jasa layanan KAI juga dihimbau agar datang lebih awal ke stasiun pemberangkatan minimal 1 jam sebelum keberangkatan KA nya.

Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi KAI Access yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi KAI Access juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket. Selain melalui aplikasi pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang sudah bekerjasama dengan KAI.

Untuk informasi lebih lanjut terkait tiket promo, penjualan tiket dan jadwal perjalanan KA, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Pemerintah Provinsi Kepri