Pilpres AS: Donald Trump Kalah!

Pilpres AS: Donald Trump Kalah!

KEPRIBETTER.COM, Washington, AS – Kandidat Demokrat Joe Biden mengatakan dia yakin dia telah memenangkan cukup suara untuk mengamankan Gedung Putih. Namun, ia berhenti menyatakan kemenangan sementara suara di beberapa negara bagian belum dihitung.

BBC memproyeksikan Biden telah memenangkan Michigan sementara media AS memperkirakan dia telah memenangkan Wisconsin. Tidak ada hasil yang muncul di Pennsylvania tetapi Biden mengatakan dia “merasa senang” tentang hal itu.

Hingga Kamis (5/11/2020) pukul 09.00 WIB, Donald Trump baru mengumpulkan 214 electoral college sementara Joe Biden telah mengumpulkan 243 electoral college. Hanya dibutuhkan tinggal 27 EC untuk memastikan kemenangan Biden dan tampaknya itu bukan hal yang mustahil karena sejumlah Negara bagian yang masih dihitung adalah pendukung fanatic Partai Demokrat.

Tim kampanye Donald Trump yang melihat tanda-tanda kekalahan, telah bersiap melancarkan gugatan hukum di Michigan, Pennsylvania, dan Georgia.

Petahana telah berjanji untuk menghentikan penghitungan suara di tempat-tempat yang menurutnya “curang”. Namun dia tidak memberikan bukti untuk mendukung klaim tersebut. Lebih jauh, pengamat internasional mengatakan tidak ada bukti kecurangan pemilu yang meluas.

Secara umum, situasi di seluruh negeri tenang tetapi ada pemandangan buruk di Detroit di mana pendukung partai – Partai Republik dan Demokrat – tidak diberi akses ke ruang hitung.

Penulis: Tata

Pemerintah Provinsi Kepri