Piala Thomas: Anthony Ginting Kalah, Indonesia vs Thailand 0-1

Piala Thomas: Anthony Ginting Kalah, Indonesia vs Thailand 0-1

KEPRIBETTER.COM, JAKARTA – Pebulu tangkis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting gagal menyumbang angka kemenangan pertama bagi tim Indonesia saat berjumpa dengan Thailand dalam lanjutan laga penyisihan Grup A Piala Thomas, Senin malam WIB.

Bertempat di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Ginting yang merupakan pemain peringkat kelima dunia itu ditumbangkan oleh Kantaphon Wangcharoen dalam tiga gim dengan skor 21-16, 22-24, 23-25 dalam waktu 1 jam 27 menit.

Pertarungan kedua pemain itu pada gim pertama berlangsung sengit. Ginting dan Wangcharoen saling berebut angka sejak awal permainan, dan mereka imbang 4-4.

Setelah itu, pemain asal Negeri Gajah Putih itu berbalik unggul dan memimpin hingga 9-8. Mereka lagi-lagi imbang 9-9 dan berkejaran sesudahnya, bergantian memimpin angka.

Namun selepas poin 15-15, Ginting melepaskan pukulan-pukulan keras dengan arah bola yang tidak terprediksi lawan, sehingga ia mampu merebut enam poin beruntun dan memenangkan gim pertama dengan skor 21-16.

Masuk gim kedua, permainan Wangcharoen semakin agresif. Ginting memimpin pada awalnya, namun setelah imbang 6-6, pemain Thailand itu membalikkan keadaan.

Tunggal putra peringkat 18 dunia itu terus mengumpulkan poin-poin berikutnya. Sementara Ginting menempel ketat dan tetap bermain dengan tenang.

Keduanya kemudian sama-sama menyentuh angka 20-20 dan tensi permainan semakin terasa, tak ada yang mau menyerah begitu saja. Namun setelah reli panjang yang mendebarkan, Wangcharoen merebut gim kedua dengan kedudukan 24-22.

Pada gim penentu, Ginting dan Wangcjharoen sama-sama tampil menyerang dan saling menjebol pertahanan satu sama lain untuk mencuri angka. Mereka kejar-kejaran poin sepanjang pertandingan.

Pola permainan Ginting dengan bola-bola yang susah ditebak itu rupanya dapat dibaca oleh Wangcharoen sehingga ia kian unggul. Namun Ginting masih bisa mengejar hingga match point 20-20.

Reli panjang kembali terjadi, tapi Ginting tak mengubah pola permainannya. Wangcharoen bergerak lebih gesit untuk mengamankan poin-poin akhir sehingga Ginting kembali bertekuk lutut dengan skor penutup 23-25.

Dengan hasil tersebut, maka kedudukan Indonesia saat ini tertinggal sementara 0-1 dari Thailand.

Setelah Ginting, masih ada empat wakil lainnya yang akan memainkan laga penyisihan Grup A Piala Thomas kontra Thailand, yakni ganda putra nomor satu dunia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menghadapi Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren.

Setelah itu, di partai ketiga Jonatan Christie akan bertarung melawan Kunlavut Vitidsarn.

Kemudian, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhadapan dengan Natthapat Trinkajee/Tanupat Viriyangkura.

Di partai terakhir, tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito akan menantang Adulrach Namkul.

Pemerintah Provinsi Kepri