Llyod Austin Veteran Jendral Kulit Hitam Ditunjuk Biden sebagai Menhan AS

Llyod Austin Veteran Jendral  Kulit Hitam Ditunjuk Biden sebagai Menhan AS

KEPRIBETTER.COM, Jakarta – Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden membuat kejutan di kabinet barunya. Dia menunjuk pensiunan jenderal berkulit hitam sebagai Menteri Pertahanan AS.

Penunjukan Jenderal Lloyd Austin sangat mengejutkan mengingat sebelumnya Michelle Flournoy menjadi kandidat yang dijagokan menempati jabatan tersebut, dilansir Reuters dan AFP, Selasa (8/12/2020).

Austin berusia 67 tahun adalah pensiunan jenderal bintang empat ini dikenal sebagai veteran untuk konflik Irak dan Afghanistan. Dia pernah memimpin pasukan AS dalam misi di Baghdad tahun 2003 dan pernah menjabat Kepala Komando Pusat AS.

Informasi soal keputusan Biden menunjuk Austin menjadi Menhan AS dilaporkan pertama kali oleh Politico. Media-media terkemuka AS lainnya, seperti CNN dan New York Times, yang mengutip sejumlah sumber yang memahami keputusan itu, menyebut Biden telah mengambil keputusan pada Senin (7/12/2020) waktu setempat dan akan mengumumkannya secara resmi pada Jumat (11/12/2020) mendatang.

Penunjukan Austin menjadi Menhan membutuhkan persetujuan Kongres AS, khususnya Senat.

Sumber: Reuters, AFP, Detik

Pemerintah Provinsi Kepri