Kehadiran Penumpang KM Kelut yang Masuk ke Karimun dari Tanjungpriok Jakarta Mendapat Pengawasan Dari Satpolairud Karimun

Kehadiran Penumpang KM Kelut yang Masuk ke Karimun dari Tanjungpriok Jakarta Mendapat Pengawasan Dari Satpolairud Karimun

KEPRIBETTER.COM, Karimun – Kehadiran 487 penumpang KM Kelud yang masuk ke Karimun dari kota Tanjungpriok, Jakarta (22/8/2021) juga mendapat pengawasan dari Satpolairud Polres Karimun.

Dcengan menggunakan kapal patroli KP XXXI-30-2001, personel Satpolairud Polres Karimun mengawasi kedatangan KM Kelud yang labuh jangkar di depan Karimun.

Penumpang yang turun dari kapal Gandha Nusantara 07 dan 08 sebagai armada pengangkut penumpang dari KM Kelud ke pelabuhan juga mendapat pengawasan dari personel Satpolairud Karimun.

“Satpolairud Polres Karimun melaksanakan kegiatan dengan sasaran penumpang yang tidak melengkapi dokumen syarat perjalanan yang sudah ditentukan oleh pemerintah pusat dan Kaupaten Karimun,” ujar Kasat Polairud Polres Karimun, Iptu Binsar Samosir.

Komentar Binsar, pengawasan dimaksud untuk antisipasi penyebaran virus covid-19 dan menekan jumlah kasus covid 19 di Kabupaten Karimun.

“Tujuan dari penyekatan dan pengawasan ini adalah untuk menegakkan protokol kesehatan dan mendisplinkan masyarakat yang melakukan perjalanan menggunakan kapal laut serta menekan penyebaran virus covid-19 di wilayah Kabupaten Karimun,” kata kasat aerut Karimun Binsar Samosir.

Menurut dia, pengawasan dari penumpang atau masyarakat bukan hanya terkait kedatangan KM Kelud saja, tetapi semua[y1]  kapal yang datang dari luar Kepri.

“Pengecekan bukan hanya terhadap penumpang, namun juga awak kapal,” katanya.

Binsar menyebut, apabila ada penumpang yang tidak melengkapi surat dokumen yang telah ditentukan akan dilakukan pemeriksaan dipelabuhan domestik Tanjung Balai Karimun, maka akan menjalani pemeriksaan oleh petugas kesehatan pelabuhan.

Penulis (N LBS)


 [y1]

Pemerintah Provinsi Kepri