Peran TNI dan Polri Sangat Penting dalam Penanganan Covid-19

Peran TNI dan Polri Sangat Penting dalam Penanganan Covid-19

KEPRIBETTER.COM, Jakarta – Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB Raditya Jati mengatakan bahwa peran dari TNI dan Polri sangat penting sekali karena dalam segi keamanan juga sangat dibutuhkan dalam situasi pandemi COVID-19 pada saat ini. 

“Kami juga sangat mengapresiasikan upaya dari TNI dan Polri dalam penanganan penanggulangan COVID-19 yang mana ini memang menjadi salah satu tugas yang diamanatkan dalam Undang-Undang (UU),” katanya pada diskusi online dialog nasional dengan tema “Peran Polri Dalam Masa Pandemi”, Jumat (17/9/2021).

Sebagai informasi, UU yang dimaksud yaitu UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI seperti Pertahanan Negara. Dimana segala usaha untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan melindungi keselamatan segenap bangsa dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. 

“Sedangkan untuk kepolisian juga terdapat pada UU Nomor 22 Tahun 2002 Pasal 13 yaitu terkait dengan peran kepolisian Negara Republik Indonesia dalam penanganan bencana maupun COVID-19,” imbuhnya.

Raditya juga menyampaikan bahwa setelah dilaksanakannya PPKM Level IV beberapa waktu lalu, memperlihatkan hasil yang cukup membaik dalam mengurangi lonjakan kasus COVID-19 di Provinsi Riau. 

“Pelaksanaan PPKM Level IV beberapa waktu yang lalu cukup berhasil karena bisa menanganinya secara serius dan dapat dilihat bahwa peran Polri sangat luar biasa dalam hal penanganan di lapangan,”ujarnya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwasanya Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 selalu memantau dengan program perubahan perilaku seseorang yang dilakukan melalui aplikasi monitoring.

“Tujuannya untuk untuk memotret titik kerumunan dengan didesain khusus yang secara keseluruhan melibatkan TNI, Polri, Satpol PP, dan Duta Perubahan Perilaku,” ungkapnya.

Ia menambahkan aplikasi monitoring perubahan perilaku ini juga saling berhubungan dengan TNI dan Polri, dan pihaknya berharap dengan adanya kerjasama yang erat seperti ini dapat membangun semangat bersama dalam bersatu melawan COVID-19.

“Semua ini saling berhubungan, dan saya harap dengan eratnya kerjasama kita dapat membangun semangat yang tinggi dalam melawan pandemi dan tentunya dukungan dari kepolisian sangat berarti dalam penanganan COVID-19 ini,” tutupnya.

Pemerintah Provinsi Kepri