Dugaan Sarang Para Koruptor, LSM Gerak Indonesia Geruduk Kantor Diskominfo Kediri

Dugaan Sarang Para Koruptor, LSM Gerak Indonesia Geruduk Kantor Diskominfo Kediri

Aksi damai di depan kantor kominfo Kabupaten Kediri, Rabu (23/2). Foto: S Yunus/Kepribetter.com

KEPRIBETTER.COM, Kabupaten Kediri – Puluhan masyarakat yang tergabung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Rakyat Anti Korupsi Indonesia (LSM GERAK INDONESIA) menggelar aksi damai di depan kantor dinas kominfo kabupaten Kediri di jalan Sekartaji no.2 Sumber Doko Kecamatan Ngasem kabupaten Kediri.

Pada aksi kali ini puluhan masyarakat menanyakan transparansi anggaran tahun 2022.

Selain itu, mereka juga menanyakan kelanjutan proses hukum mantan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kediri, Krisna Setiawan, yang saat ini proses hukumnya sedang berjalan di Pengadilan Tinggi Surabaya.

Syaiful Iskak selaku Kordinator aksi kali ini mengatakan, kedatangannya ke Dinas Kominfo Kabupaten Kediri agar dalam kasus korupsi yang menyeret mantan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kediri, tidak terulang kembali di lingkungan Dinas Kominfo Kabupaten Kediri.

“Kami melakukan aksi pada kali ini untuk kejadian kasus korupsi di Dinas Kominfo yang sedang disidangkan agar tidak terulang kembali, disamping juga terkait transparansi anggaran pada tahun 2022,” terangnya.

Sebelumnya, sempat terjadi terjadi insiden antara peserta aksi dengan pihak kepolisian. Dimana para anggota aksi meminta masuk ke dalam kantor dinas kominfo dan dihalau oleh pihak kepolisian.

Setelah adanya kejadian tersebut, Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kediri Ibnu Imad bersedia menemui para peserta aksi dengan pengawalan ketat pihak kepolisian dan terjadi tanya jawab dengan peserta aksi.

Dalam tanya jawab itu, peserta aksi menanyakan tentang anggaran yg di kelola oleh mantan Kepala Dinas Kominfo yg sekarang sudah di tetapkan sebagai tersangka dan di adili di Kajari Surabaya. ‘Dan Plt Kepala Dinas menyebutkan tidak tahu.’

Saat ditanya mengenai besaran anggaran untuk tahun 2022, kembali jawaban dari Plt Kepala Dinas Kominfo juga tidak mengetahui.

Setelah tidak mendapatkan penjelasan dari Plt Kepala Dinas Kominfo,kemudian hasil tanya jawab dan tidak membuahkan hasil atau nihil, peserta aksi meminta untuk diusut tuntas dan membubarkan aksi dengan tertib.

Selama proses demonstrasi, sepanjang Jalan Sekartaji, ditutup total. Tetap Selalu Menjaga Prokes 5 M.

Reporter : Solihudin Yunus

Pemerintah Provinsi Kepri