Cermat Kelola APBN, Bea Cukai Batam Raih Tiga Gelar Sekaligus di Treasury Award 2022

Cermat Kelola APBN, Bea Cukai Batam Raih Tiga Gelar Sekaligus di Treasury Award 2022

KEPRIBETTER.COM, Batam – Bea Cukai Batam berhasil meraih tiga penghargaan sekaligus pada acara Treasury Awards 2022 yang diadakan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Batam.

Ketiga penghargaan tersebut yaitu Peringkat Pertama Satuan Kerja dengan Nilai Indikator Kualitas Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Terbaik, Peringkat Kedua Satuan Kerja dengan Kualitas Pelaporan Capaian Output Terbaik, dan Peringkat Kedua Satuan Kerja dengan Implementasi Marketplace Digipay dengan Nilai Transaksi Terbesar.

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Kepala KPPN Batam, Bayu Prabowo di Ballroom Swiss-Belhotel, Harbour Bay, Batam pada Rabu, (9/2).

Dalam gelaran Treasury Awards 2022, Pangkalan Sarana Operasi Bea Cukai Batam juga berhasil meraih dua penghargaan yaitu Peringkat Pertama Satuan Kerja dengan Implementasi Marketplace Digipay dengan Nilai Transaksi Terbesar dan Peringkat Pertama Satuan Kerja dengan Nilai IKPA Terbaik Pagu Sedang.

“Kami memberikan apresiasi kepada seluruh satuan kerja pemerintahan yang berada di wilayah kerja kami atas segala kerja keras dalam mengelola APBN di tahun 2021. Semoga semua kerja keras kita dapat kita lanjutkan di tahun ini, dan seluruh satuan kerja semakin maksimal dalam mengelola anggaran yang sudah diberikan oleh negara,” ucap Bayu saat memberikan sambutan.

Indikator utama dalam penilaian pada Treasury Awards 2022 ialah Capaian Indikator Kinerja Utama Persentase Kualitas Pelaksanaan Anggaran (IKU PKPA). Dalam penilaian IKPA terdiri 13 indikator penilaian dengan bobot penilaian masing-masing, mulai dari penyusunan anggaran, pelaksanaan belanja dan sampai dengan pertanggungjawaban anggaran.

Tak hanya IKPA, terdapat juga penilaian Evaluasi Kinerja Anggaran (EKA) yang terdiri dari terdiri dari indikator capaian output, efisiensi, konsistensi dan penyerapan anggaran.

Kinerja pengelolaan keuangan pada Bea Cukai Batam tak hanya kali ini mendapatkan penghargaan. Baru-baru ini tepatnya pada 28 Januari 2022, Bea Cukai Batam juga mendapat apresiasi dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kepulauan Riau. Penghargaan tersebut yaitu Satuan Kerja Pemerintahan Terbaik dengan Nilai IKPA Terbaik se-Kepulauan Riau.

“Tentunya saya bangga atas prestasi yang diraih, khususnya kepada para pengelola anggaran di kantor Bea Cukai Batam. Kita semua tahu bahwa mengelola anggaran bukanlah satu hal yang mudah, diperlukan kemampuan yang baik dan jiwa yang bersih agar semuanya bisa berjalan lancar,” jelas Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Batam, Ambang Priyonggo.

Kepala Subbagian Keuangan, Yusuf Mahrizal juga menyampaikan bahwa prestasi tersebut dapat terwujud atas semua dukungan dan peran aktif dari Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Batam, Kepala Pangkalan Sarana Operasi Bea Cukai Batam, Para Kepala Bidang, dan segenap pejabat dan pegawai di lingkungan Bea Cukai Batam.

“Prestasi ini mustahil terwujud jika tidak ada kolaborasi yang luar biasa antara bagian umum dan bidang lainnya, termasuk satuan kerja di bawahnya, juga terima kasih terkhusus kepada segenap tim keuangan yang telah bekerja dengan sepenuh hati,” tutup Yusuf.

Pemerintah Provinsi Kepri