Uniba-LIRA Teken MoU, Prof Yuliansyah: Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Uniba-LIRA Teken MoU, Prof Yuliansyah: Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Penandatanganan MoU Uniba-LIRA. (Foto: LIRA)


KEPRIBETTER.COM, BATAM – Rektor Universitas Batam, Prof Yuliansyah, SE, M.S.A, Ph.D, Akt, C.A dan Gubernur Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kepri Budi Sudarmawan menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding, MoU) di Kampus Uniba, Batam Centre, Kamis (20/10).

Penandatanganan MoU dihadiri oleh jajaran Uniba dan pengurus LIRA Kepri dan LIRA Kepri itu juga diisi oleh Forum Group Discussion (FGD) bertajuk “Potensi Industri Halal” yang materinya disampaikan mitra LIRA yang juga Manager Program Dompet Dhuafa yaitu Muhammad Izzudin, ST.

Dalam sambutannya, Prof Yuliansyah menyatakan bahwa penandatanganan MoU antara Uniba dengan LIRA sesuai dengan program strategik Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Nadiem Makarim. Saat ini, kata dia Perguruan Tinggi (PT) tidak hanya on the spot di kampus saja tapi penting bagi kampus untuk membangun kampus merdeka.

“Merdeka Belajar Kampus Merdeka itu mahasiswa tidak hanya belajar di kampus tapi di tempat lain, salah satunya magang dan riset. MoU Uniba dan LIRA ini bisa mengimplementasikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Ilmu Sosial itu banyak riset,” ujar Prof Yuliansyah.

MoU, lanjutnya juga memiliki potensi besar untuk memperoleh informasi melalui LIRA dan respondennya berasal dari Uniba. Proses magang merupakan peluang penting bagaimana kolaborasi antara Uniba dan LIRA dapat berjalan.

“Dengan kegiatan MoU ini dapat menguntungkan kedua belah pihak dan dapat mengirim informasi serta berhubungan baik. LIRA juga dapat mengirim teman-temannya untuk kuliah dan mendapat ijazah formal,” paparnya.

Hadir dalam penandatanganan MoU Uniba dan LIRA di antaranya Wakil Rektor I Uniba Dr Idham SH, M.Kn, Wakil Rektor III Uniba Dr Mohammad Gita Indrawan ST, M.M dan jajarannya. Dalam kesempatan itu hadir juga Wakil Gubernur LIRA Kepri Riky Indrakari, Sekretaris Wilayah LIRA Kepri Fauzan dan Walikota LIRA Batam Herry Sembiring dan jajaran di antaranya Setyasih Priherlina, Tim Advokasi LIRA Kepri Muslim SH, Irnal Syafei, Hariyono Mulyono dan Deny.

Sementara, Gubernur LIRA Kepri, Budi Sudarmawan menyampaikan terima kasih kepada Rektor Uniba dan jajaran atas telah ditandatanganinya MoU tersebut. Budi juga menyampaikan keyakinannya bahwa kemitraan antara Uniba dan LIRA akan menjadi luar biasa ke depannya. Dia juga menyampaikan bahwa pasca MoU maka peran LIRA akan lebih maksimal ke depannya.

“MoU ini akan menjadi energi luar biasa bagi LIRA. Terima kasih kami sudah diterima dan bisa bermitra dengan Uniba ke depan dan kami berharap MoU tidak sekadar seremoni tapi bisa berlanjut,” kata Budi.

Pasca penandatanganan MoU juga digelar FGD yang dihadiri oleh mantan Rektor Uniba yang juga Guru Besar Uniba yakni Prof. Dr. Ir.Chablullah Wibisono, MM yang menyampaikan pandangannya tentang “Potensi Industri Halal” yang materinya disampaikan mitra LIRA yang juga Manager Program Dompet Dhuafa yaitu Muhammad Izzudin, ST.

Pemerintah Provinsi Kepri