Kelebihan dan Kekurangan Internet, Gunakan Secara Bijak

Kelebihan dan Kekurangan Internet, Gunakan Secara Bijak

https://money.kompas.com/read/2022/11/23/092840726/cara-transfer-ke-rekening-flip-lewat-atm-tanpa-biaya-admin?page=all


Bisa dikatakan kalau hampir semua orang di seluruh dunia tahu dan menggunakan internet. Internet sendiri adalah singkatan dari interconnection-networking di mana didefinisikan sebagai sistem yang bisa menghubungkan seluruh jaringan komputer di berbagai wilayah secara global.

Akan tetapi untuk bisa menggunakannya Anda harus memiliki paket internet terlebih dahulu. Selain itu, harus Anda catat kalau internet ini ibarat pisau bermata dua. Internet memiliki kelebihan serta kekurangan meskipun sangat lekat dengan kehidupan manusia.

Kekurangan internet

Nah, berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan internet.

1.     Cybercrime

Kekurangan internet yang pertama yakni kejahatan siber di mana meliputi tindakan pencurian, penipuan, pembajakan dan sebagainya.

Karena banyak orang yang menggunakan internet sehingga kejahatan pun bisa terjadi. Pelaku bisa mencuri data pribadi hingga mencuri uang orang lain.

Oleh karena itu, pastikan untuk menjaga data pribadi dengan baik. Selain itu, hindari membuka link mencurigakan yang biasanya di kirim lewat pesan WhatsApp dan lainnya.

2.     Spam

Spam termasuk salah satu kekurangan internet yang membuat banyak orang mengeluh. Bagaimana tidak jika mereka harus menerima pesan berisikan iklan atau pesan lain yang tidak diinginkan.

Spam sendiri bisa sangat mengganggu bahkan pada beberapa kasus bisa membuat perangkat menjadi eror karena harus memuat konten yang tidak sedikit.

3.     Kecanduan belanja

Belanja salah satu hal yang sulit untuk dihindari, terlebih sekarang dengan adanya paket internet maka kita bisa membeli apapun meskipun tetap di rumah.

Akses belanja yang semakin mudah ini membuat orang menjadi ketagihan hingga tak sedikit yang menjadi boros.

Banyak orang yang tidak lagi memikirkan kondisi keuangan, karena tergiur untuk membeli barang tertentu. Terlebih jika adanya tawaran promo yang semakin sulit untuk ditolak.

Kelebihan internet

1.     Akses informasi dengan mudah

Salah satu kelebihan internet yakni bisa membantu Anda mengakses informasi secara cepat dan mudah.

Menariknya, semua orang dapat mengakses informasi tentang semua hal dari seluruh dunia dengan jika memiliki paket internet.

2.     Memperluas jaringan

Kelebihan selanjutnya yakni membantu Anda untuk memperluas jaringan sosial. Internet bisa dikatakan tak hanya menghubungkan antar perangkat saja, tapi juga orang yang menggunakan perangkat tersebut.

Sehingga, Anda pun bisa memperluas jaringan tanpa batas negara.

3.     Sumber hiburan

Dengan internet kita bisa mengakses informasi serta beragam hiburan. Misalkan saja, kini Anda bisa mencari beragam jenis hiburan seperti buku, musik, fil, acara TV, drama, games dan lainnya.

Menariknya, hiburan tersebut bisa Anda peroleh tanpa harus mendatangi lokasi, tanpa batas waktu ataupun jangkauan.

4.     Pendidikan

Menjadi sumber pendidikan, internet bisa mempermudah siswa atau pelajar bahkan tenaga pendidik untuk mengakses beragam pengetahuan.

Hal ini menjadi dampak positif sendiri yang dirasakan bagi setiap orang. Khususnya pada saat pandemi, di mana sekolah dan kampus harus beralih daring.

Pelajaran pun bisa tetap berlangsung di rumah berkat adanya internet.

5.     Mempermudah transaksi keuangan

Kelebihan yang ketiga yaitu mempermudah transaksi keuangan. Berkat internet, transaksi keuangan untuk melakukan jual beli kini bisa dilakukan dengan smartphone saja.

Anda bisa mengakses layanan e-commerce untuk membeli atau menjual barang ke seluruh wilayah.

Berbicara tentang transaksi keuangan, zaman sekarang ada begitu banyak aplikasi yang bisa membantu Anda melakukan transaksi, salah satunya Flip.

Flip adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk transfer uang antar bank dengan gratis, isi saldo, beli paket internet atau paket data, dan lainnya. Aplikasi satu ini didirikan sejak tahun 2015. Tidak perlu khawatir, Flip sendiri telah mendapatkan izin lisensi dari Bank Indonesia sejak tanggal 4 Oktober 2016 dengan nomor 18/196/DKSP/68.

Namun, harus dipahami jika Flip tidak berada pada perizinan OJK. Hal ini terjadi karena Flip merupakan perusahaan transfer dana yang berada di bawah pengawasan Bank Indonesia.

Pemerintah Provinsi Kepri