Cara Mencegah Diare yang Mudah Dilakukan Agar Selalu Sehat

Cara Mencegah Diare yang Mudah Dilakukan Agar Selalu Sehat

Sumber: https://img.freepik.com/free-photo/asian-doctor-visit-examines-young-adult-woman-hospital-with-stomach-ache-doctor-checking-up-consulting-health-care-wearing-mask-protect-covid19-pandemic_640221-118.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.1.122370889.1683817063&semt=sph


Diare merupakan penyakit yang sangat berbahaya jika tidak segera mendapat penanganan. Pasien dapat mengalami dehidrasi sehingga mengganggu proses metabolisme. Agar bisa terhindar dan tidak sampai mengalaminya, perlu mengetahui cara mencegah diare yang benar. Pencegahan agar tidak terjangkit suatu penyakit jauh lebih mudah dari menyembuhkannya.

Penyebab penyakit diare salah satunya adalah karena tinggal dan beraktivitas di daerah yang kotor sehingga kuman bisa bertahan, berkembang biak dan menyebar. Perhatian terhadap jenis penyakit ini sangat penting karena sudah banyak korban karena terjangkit diare dan tidak tertolong. 

Inilah Cara Mencegah Diare

Kampanye pencegahan penyebaran penyakit diare masih terus dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat. Tujuannya adalah agar tidak banyak yang menderita penyakit berbahaya tersebut. Karena dampaknya bisa mematikan, tindakan preventif atau pencegahan agar tidak terjangkit diare sangat penting. Cara mencegah diare antara lain:

1.     Mencuci tangan dengan sabun hingga bersih

Kuman penyakit sangat mudah menyebar melalui tangan, karena itu menjaga kebersihan sangat penting. Tidak cukup dengan air bersih, sebaiknya cuci tangan menggunakan sabun dengan cara yang tepat untuk memastikan bahwa semua kuman penyakit sudah mati.

Pemilihan sabun untuk cuci tangan pun harus benar, yaitu yang mengandung antiseptik sehingga mampu membunuh kuman. Demikian juga dengan air yang digunakan untuk mencuci. Sebaiknya menggunakan air bersih yang mengalir sehingga kuman yang sudah mati tidak menempel dan masuk ke dalam mulut.

2.     Minum air yang higienis

Tidak sedikit orang yang menyepelekan kualitas air minum karena menganggap selama jernih berarti bersih. Kuman penyakit tidak terlihat oleh mata. Bisa saja penyebab diare tersebut masih ada di dalam air minum dan masuk ke tubuh ketika kita meminumnya.

Pastikan air minum tersebut berasal dari sumber yang tidak mengandung bahan berbahaya. Agar semua kuman mati, sebelum meminumnya, air tersebut harus direbus hingga mendidih.

3.     Memasak makanan hingga matang

Makanan mentah bisa menjadi tempat kuman dan bibit penyakit untuk hidup. Jika mengonsumsi makanan segar seperti buah dan sayuran harus mencucinya terlebih dulu dengan air mengalir dan sabun khusus untuk makanan yang tidak meninggalkan residu.

Untuk makanan yang olahan, proses mengolahnya perlu diperhatikan dan pastikan memasaknya hingga matang. Selama proses memasak tersebut akan membunuh kuman penyebab diare sehingga tidak menimbulkan sakit.

4.     Vaksin

Anak-anak merupakan kelompok umur yang sangat rentan menderita diare. Kondisi tubuhnya yang belum mampu melawan kuman, ditambah dengan kebiasaan kurang higienis menjadikan kuman penyebab diare bisa hinggap dan berkembang biak. Salah satu pencegahannya adalah dengan memberikan vaksin kepada anak-akan agar kekebalannya terhadap kuman tersebut meningkat.

5.     Menjaga kebersihan lingkungan

Musim hujan merupakan waktu dimana banyak penyakit dapat berkembang. Penyebabnya adalah adanya genangan air sebagai tempat tumbuh kuman.

Menjaga kebersihan lingkungan dengan menyapu, tidak membiarkan sampah berserakan dan membuang barang yang bisa menampung air hujan sangat penting sebagai upaya mencegah diare.

Menyediakan sabun cuci tangan di rumah dan membawanya ketika bepergian bisa meminimalkan kemungkinan terjangkit diare.

Dengan semakin banyaknya produk sabun cuci tangan, kita bisa memilih jenis sabun cuci tangan paling ekonomis namun kuat dalam membunuh kuman.

Anda bisa membelinya secara online di Blibli yang menyediakan aneka keperluan rumah tangga, termasuk sabun sesuai kebutuhan. Belanja di Blibli juga hemat karena banyak produk dengan harga terjangkau dan beragam promo.

Mencuci tangan dengan benar menggunakan air bersih dan sabun anti kuman merupakan cara mencegah diare yang efektif. Langkah ini merupakan tindakan preventif agar tidak terjangkit dan mencegah penyebaran kuman penyebab diare.

Pemerintah Provinsi Kepri