Peneliti Temukan Spesies Baru Paus Berparuh Yang Hidup Dikedalaman 914 Meter

Peneliti Temukan Spesies Baru Paus Berparuh Yang Hidup Dikedalaman 914 Meter

KEPRIBETTER.COM, San Diego, AS – Laut memang penuh Miss Teri, juga Miss Paus. Belum lama ini para peneliti yakin mereka telah menemukan spesies Paus Berparuh (beaked whale) yang sebelumnya tidak diketahui di perairan lepas pantai barat Meksiko. Jika berhasil dikonfirmasi, spesies baru itu akan menandai penemuan penting di antara mamalia raksasa lautan.

Tim peneliti menemukan tiga spesimen yang tidak biasa saat melacak spesies berbeda dari Paus Berparuh pemalu pada 17 November di dekat Kepulauan San Benito yang terpencil di Meksiko, sekitar 300 mil selatan (500 km) dari perbatasan AS.

“Hewan-hewan ini muncul ke permukaan tepat di sebelah perahu. Itu hanya pertemuan yang fenomenal. Sangat jarang bahkan untuk melihat Paus Berparuh, dan untuk menemukan sekelompok Paus Berparuh yang ramah, bahkan lebih jarang,” kata Jay Barlow, ahli biologi mamalia laut di Scripps Institution of Oceanography di San Diego, kepada Reuters, Kamis (10/12/20).

Barlow dan rekan-rekannya dalam perjalanan tersebut, yang dipimpin oleh Lembaga Konservasi
Sea Shepherd Conservation Society, tidak menyadari bahwa mereka melihat spesies baru yang potensial sampai kemudian saat mempelajari foto yang mereka ambil dari hewan tersebut. Salah satu cirinya, letak gigi paus ditempatkan secara tidak biasa.

“Rekaman suara bawah air dari panggilan paus juga menunjukkan bahwa mereka unik,” katanya.

Para ilmuwan sekarang menunggu analisis sampel air yang dapat menahan sel kulit untuk kemungkinan pengujian DNA guna memastikan apakah paus tersebut adalah spesies baru
Paus Berparuh – dinamai berdasarkan moncongnya yang runcing dan mirip lumba-lumba – kebanyakan ditemukan di perairan terpencil, seperti di lepas Kepulauan San Benito.

Meskipun panjangnya mencapai 5 meter (16,4 kaki), mereka sulit untuk diamati oleh para ilmuwan karena mereka cenderung berenang dan makan sebagian besar di kedalaman sekitar 914 meter (3.000 kaki), hanya muncul sesekali ke permukaan untuk bernafas. Pada kedalaman seperti itu, hewan memiliki peluang lebih baik untuk menghindari predator utama mereka, paus pembunuh Orca.

“Fakta bahwa mereka mencari ikan paus yang sangat langka, dan bahwa mereka menemukan sesuatu yang sama sekali berbeda, sungguh luar biasa dan menakjubkan, dan hanya kegembiraan dalam melakukan sains,” kata Andrew Read, ahli biologi kelautan di Duke University

Barlow “optimis secara hati-hati” tentang peluang untuk memastikan hewan yang baru ditemui sebagai spesies baru. Itu akan menambah jumlah spesies Paus Berparuh yang diketahui menjadi 24.

“Itu adalah hewan yang sangat besar, berat seperti kuda Clydesdale. Bayangkan sesuatu sebesar itu di dunia terestrial yang belum ditemukan, ”katanya.

Penulis: Tata

Pemerintah Provinsi Kepri