Rumah Sakit di Pulau Jawa Hampir Penuh Tampung Pasien Corona

Rumah Sakit di Pulau Jawa Hampir Penuh Tampung Pasien Corona

KEPRIBETTER.COM, Jakarta – Kapasitas perawatan rumah sakit menangani pasien Covid 19, nyaris penuh. Jika terjadi lonjakan pasien lagi, bisa tak tertampung.

Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah, mengatakan kapasitas rumah sakit meningkat signifikan di empat provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. 

Adapun keterisian tempat tidur rumah sakit di Jakarta saat libur panjang akhir Oktober 2020 sebesar 60%. Persentasenya meningkat 13% setelah libur panjang menjadi 73% pada 14 Desember 2020.

Sedangkan Jawa Barat mencatat keterisian rumah sakit saat libur panjang sebesar 55%. Saat ini jumlahnya mencapai 75% atau meningkat 20% selama enam minggu. Untuk tingkat keterisian rumah sakit di Jawa Tengah saat libur panjang hanya 63%. Namun, pekan ini meningkat 14% menjadi 77% pada pekan ini.

“Kami mengharapkan keterpakaian di bawah 70%. Kalau ada lonjakan kasus pengaruhnya pada fatalitas (kematian),” ujar Dewi dalam acara “Covid-19 dalam Angka” yang disiarkan melalui akun Youtube BNPB Indonesia, Rabu (16/12).

Selain itu, Jawa Timur juga mencatatkan peningkatan keterisian rumah sakit dari 39% saat libur panjang menjadi 63%. “Meskipun keterisian masih di bawah 70%, namun jumlah keterpakaian rumah sakit di Jawa Timur naik signifikan sebesar 24%,” ujar dia.

Dengan kondisi tersebut, Dewi mengingatkan agar masyarakat memikirkan kembali rencana liburan akhir tahun. Dia mengimbau masyarakat yang merasa kurang sehat atau sempat bertemu dengan pasien atau suspek Covid-19 untuk tetap di rumah. Begitu juga dengan masyarakat yang dalam masa menunggu hasil tes usap PCR tidak dianjurkan keluar rumah.

Penulis : Tata

Pemerintah Provinsi Kepri