Pendataan SDGS di Desa Sudirman akan Dimulai Hari Ini, Lenni: SDGS Sangat Penting Bagi Desa

Pendataan SDGS di Desa Sudirman akan Dimulai Hari Ini, Lenni: SDGS Sangat Penting Bagi Desa

KEPRIBETTER.COM, Maros, Sulsel – Pedataan Sustainable Development Goals (SDGs) dan percepatan pencapaian tujuan pembangun nasional berkelanjutan yang dilaksanakan di Desa Sudirman, Kecamatan Tanralili, Senin (19/04/2021).

Bimbingan Teknis (Bimtek) dan pendataan Sustainable Development Goals (SDGs) yang juga membahas tentang tujuan pembangunan nasional berkelanjutan di desa yang dihadiri oleh aparat desa serta tokoh masyarakat Desa Sudirman.

Kepala Desa Sudirman Lenni Marlina, S.E mengatakan bahwa di desa harus melakukan Bimtek SDGS agar masyarakat paham dan dapat lebih berperan aktif dalam pembangunan desanya.

“Kami pemerintah desa memang menganggap penting untuk mengadakan kegiatan bimbingan teknis SDGS agar masyarakat desa dapat lebih berperan aktif dalam pembangunan desanya,” jelas Lenni saat ditemui di kantornya.

Lenni juga menambahkan bahwa pihaknya memang akan melakukan Bimtek secara rutin agar masyarakat desa khususnya masyarakat Desa Sudirman dapat mendukung kebijakan dalam kelembagaan pemerintah desa serta menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat terhadap pembangunan desa.

“Memang tujuan dari Bimtek SDGS kan adalah menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat terhadap pembangunan desa secera detail makanya itu Bimtek SDGS harus rutin kita lakukan dan kami di Desa Sudirman ke depannya akan rutin melakukan Bimtek SDGS dan ini kan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas SDM di desa juga,” kata Lenni Marlina.

Lenni juga mengucapkan terima kasih kepada semua tamu yang hadir khususnya masyarakat Desa Sudirman yang menyempatkan waktunya menghadiri kegiatan Bimtek SDGS di kantor Desa Sudirman Kecamatan Tanralili.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Aparat Desa, TP-PKK, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat, Kader Posyandu dan terkhusus masyarakat Desa Sudirman mari kita sama-sama mengambil peran dalam pembangunan desa yang kita cintai ini agar lebih maju, inovatif serta produktif,” ujar Lenni.

Ia juga menjelaskan bahwa Bimtek memang untuk Tim Pendata dari rumah ke rumah yang akan turun mulai besok 20 April sampai dengan 31 Mei mendatang dan ada 11 orang tim pendata yang ditunjuk.

“Bimtek untuk Tim Pendata turun mendata dari rumah ke rumah yang pelaksanaannya mulai besok sampai dengan tanggal 31 Mei, dari hasil pendataan tersebut akan menentukan status desa apa dia masuk kategori desa tertinggal, desa berkembang, desa maju, desa mandiri dan itu juga akan menentukan rencana pembangunan desa sampai dengan tahun 2030, jadi memang pendataan SDGS ini sangat penting bagi desa,” imbuh Lenni.

Dalam kegiatan ini turut hadir Kabid Pemdes DPMD Kaupaten Maros Sekertaris Camat Tanralili, TA. P3MD Kabupaten Maros, Pendamping Desa, Pendamping lokal desa, Peserta Tim Pendata.

Penulis: Nur Fajriansyah

Pemerintah Provinsi Kepri