Penjinak Bom Brimob Poldasu Lakukan Pendispolan Tipe Proyektil Yang Ditemukan Warga Katepul

Penjinak Bom Brimob Poldasu Lakukan Pendispolan Tipe Proyektil Yang Ditemukan Warga Katepul

Bom yang ditemukan warga Katepul Tipe Proyektil berhasil diledakkan Tim Jibom Brimob Poldasu.Kamis(10/2/2022). Foto: Humas Polres/Kepribetter.com

KEPRIBETTER.COM, Karo – Bom militer tipe proyektil yang ditemukan warga Katepul Kabanjahe, Ridwan Tanjung, (kuli bangunan Katepul Gang 86 Kabanjahe), Sabtu (5/2/2022), saat itu Ridwan sedang bekerja membangun rumah di Gang Surya Indah Kelurahan Gundaling 1 Kecamatan Berastagi.

Dia menemukan sebuah barang dari besi berbentuk runcing namun yang bersangkutan belum mengetahui bahwa barang tersebut merupakan bahan peledak dan hanya mengira barang antik ataupun botot yang bisa dijual sehingga Ia membawa barang tersebut pulang ke rumahnya di Jalan Katepul Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Dan dikarenakan barang yang ditemukan tersebut berbentuk aneh, Ridwan Tanjung menanyakan kepada temannya yang merupakan Pensiunan TNI AD kemudian Selasa (8/2/2022) telah diketahui bahwa barang yang ditemukan tersebut adalah bahan peledak jenis mortir.

Kemudian kejadian tersebut dilaporkan ke Polres Tanah Karo. Selanjutnya personel Polres Tanah Karo langsung menuju TKP dan bahan peledak tersebut dievakuasi ke Polres Tanah Karo dan berkoordinasi dengan Sat Brimoda Polda Sumut.

Kamis (10/2/2022), sekira pukul 09.30 WIB, Tim Jibom Brimobdasu yang dipimpin oleh Kasubdit Jibom Detasemen Gegana Brimobdasu AKP Sardi SE MH, bersama Kabag Ops Polres Tanah Karo Kompol D Munthe SH dan Kasat Intelkam Polres Tanah Karo AKP Narno, tiba di Polsekta Berastagi selanjutnya bersama-sama dengan Kapolsekta Berastagi Kompol L Marpaung dan personel Polsekta Berastagi, berangkat menuju lokasi lahan kosong Sinarta milik Karya Purba di Jalan Alternatif Deleng Singkut (Simpang Pelawi Desa Tongkoh – Desa Jaranguda). Di lokasi tersebut dilaksanakan pendisposalan bahan peledak yang ditemukan warga Katepul tersebut.

Pada 0ukul 13.15 WIB, Tim Jibom Den Gegana Brimobd Polda Sumut melakukan pendisposalan dengan langkah-langkah sesuai SOP, dimulai dari mensterilisasi lokasi, menentukan lokasi, penggalian lokasi penempatan handak, perakitan handak, pengamanan lokasi, imbauan S.O.P oleh Kasubdit Jibom dan dilanjutkan dengan pendispolan.

“Kegiatan pendisposalan bom temuan warga tersebut telah dilaksanakan sesuai prosedur dan berlangsung dalam situasi aman dan baik. Bom temuan warga yang telah dilaksanakan pendisposalan tersebut adalah bom militer tipe proyektil, agar masyarakat lebih berhati-hati apabila menemukan benda-benda yang serupa untuk tidak langsung memegang apalagi membawa barang ke rumah, segera lapor Kepolisian,” ungkap Kasubdit Jibom Detasemen Gegana Brimobdasu AKP Sardi SE MH.

(Hendri Karo-karo)

Pemerintah Provinsi Kepri