Latihan Gabungan Navigasi Darat SISPALA DKI Jakarta

Latihan Gabungan Navigasi Darat SISPALA DKI Jakarta

KEPRIBETTER.COM,Hopeland, Bogor- Pelatihan navigasi darat yang diadakan di Hopeland pada tanggal 29 september sampai 1 Oktober 2023 diikuti oleh 34 siswa dari 2 sekolah.

Siswa SMAN 37 dan MAN 2 Jakarta mendapatkan pelatihan navigasi darat oleh Joko ‘Jawir’ Mahyudi. Instruktur bersertifikat serta memiliki pengalaman dalam menjelajahi alam khususnya pada pendakian gunung.

Navigasi darat merupakan ilmu untuk menentukan suatu tempat dan mengetahui medan pada permukaan bumi dengan bantuan peta dan kompas. Ilmu navigasi darat ini sangat penting untuk mengetahui medan ketika berkegiatan di alam bebas.

“Ketika kita pemetaan atau pemahaman medan itu sangat dibutuhkan sekali untuk perhitungan titik arah bahkan kita menghindari dari tersesat atau lain sebagainya. Dengan pendidikan navigasi darat itu kita bisa menentukan sudut sudut atau titik yang akan dituju, ” ujar Ibnu, pembimbing Madupala MAN 62 Jakarta Timur.

” Saya bangga ikut pelatihan. Kan kita disini untuk mempelajari titik koordinat dan mencari titik koordinat. Nah itu penting sekali buat kita yang suka ngedaki dan suka naik gunung, ” tambah Maulana, anggota Trisaptapala SMA 37 Tebet.

Pendakian gunung merupakan salah satu olahraga ekstrem yang membutuhkan kepiawaian tersendiri.

Kemampuan-kemampuan dasar seperti manajemen resiko, navigasi, kesehatan, dan survival sesungguhnya diperlukan guna mengantisipasi titik rawan kecelakaan di alam bebas.

Seri Pelatihan Pendaki Gunung ini diselenggarakan via program CSR Hopeland Camp, 1000mdpl, Gn Salak, Bogor,

Film 5 cm mengubah pendakian gunung di Indonesia, mari kita mulai dari 1 cm dulu. (Dodo)

Pemerintah Provinsi Kepri