Disparbudpora Bengkalis Gelar Acara Festival Budaya Bahari di Pantai Selat Baru

Disparbudpora Bengkalis Gelar Acara Festival Budaya Bahari di Pantai Selat Baru

Foto bersama usai festival budaya bahari 2022. (Foto: AJOI)


KEPRIBETTER.COM, BENGKALIS – Dinas pariwisata kebudayaan pemuda dan olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis menggelar acara festival budaya bahari tahun 2022.

Acara tersebut dibuka oleh Bupati Bengkalis yang diwakili Wakil Bupati Bagus Santoso didampingi Forkopimda di Pantai Selat Baru kecamatan Bantan kabupaten Bengkalis, Sabtu 22 Oktober 2022.

Bupati Bengkalis diwakili Wakil Bupati Bagus Santoso menyampaikan bahwa pembangunan sektor industri merupakan salah satu penobang pergerakan ekonomi nasional dan daerah. Makanya pengembangan industri pariwisata didaerah ini, akan terus kita lakukan, guna menarik kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

“Dan salah satu daya tarik yang memiliki potensi sangat besar untuk terus kita kembangkan adalah melalui festival budaya seperti ini,”ungkap Wabup

Lanjutnya, dengan kondisi yang ada saat ini saja, sektor pariwisata Kabupaten Bengkalis sudah mampu berkontribusi terhadap pendapatan asli daerah, apa lagi jika kita sudah berbenah, tentunya akan lebih meningkat lagi, serta mengembang industri pariwisata yang ada didaerah ini, meliputi pariwisata pantai, pariwisata alam, pariwisata riligi, pariwisata kuliner dan lainnya.

“Tentunya kami mengharapkan juga dukungan dan sinergi dari semua pihak, terutama Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Pusat baik infrastruktur, sarpras maupun anggaran, agar potensi pariwisata didaerah kita ini dapat lebih maju dan berkembang,”ucapnya.

“Kita tidak bisa semata mata mengandalkan APBD saja, karena APBD kita terbatas, namun dukungan dan bantuan pihak lain tetap kita harapkan, termasuk investasi dari swasta,” Ucap Bagus lagi.

Selain itu Kadis Disparbudpora Edi Sakura mengatakan, kegiatan kali ini adalah banyak atraksi, baik itu dari siswa dan masyarakat.

“Salah satu untuk menghibur wisatawan yang akan kita lakukan kedepan dengan berbagai suku yang ada di Kabupaten Bengkalis seperti Tionghoa, Jawa, menang, batak dan melayu serta berbagai lagi, akan kita tampilkan,” ungkap Edi.

Lanjutnya, ada beberapa perlombaan masyarakat yang unik, seperti Melawai dengan menangkap ikan di laut, sampan jung, layang-layang, gasing dan sebagainya.

“Sampan jung ini memang satu-satunya di Indonesia, kita yang sudah WTB yang artinya sudah diakui oleh negara,” ucap Kadis.

Lanjutnya, Mudah-mudahan dengan kegiatan yang ada ini untuk ke depannya makin kita berproses sehingga wisatawan kemari akan bertambah demikian dari diskon Korea untuk meningkatkan wisatawan.

“Kita sedang membuat paket-paket wisata, pada tanggal 7 Oktober 2022 kemaren, kita bekerja sama dengan Provinsi Riau, untuk ke Malaysia Malaka. Bagaimana dari Malaka ke Bengkalis bisa berkunjung dengan promosi-promosi daerah dan berbagai paket, sehingga wisatawan berkunjung ke Bengkalis bisa melihat keindahan-indahan dan sejarahnya dengan memilih paket yang akan kita luncurkan,” ucapnya.

Kegiatan Festival Budaya Bahari yang mengangkat tema “Kita tubuhkan jati diri menuju masyarakat Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera” tersebut akan berlangsung selama 2 hari, dari tanggal 22 sampai 23 Oktober 2022, dipusatkan di Pantai Indah Selat Baru, Dusun Indah parit I Desa Selat Baru, Kecamatan Bantan.(ajoi)

Pemerintah Provinsi Kepri