Dandim 0303/Bengkalis Resmikan Langsung Kampung Pancasila di Bengkalis Kota

Dandim 0303/Bengkalis Resmikan Langsung Kampung Pancasila di Bengkalis Kota

KEPRIBETTER.COM, Bengkalis – Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia Hermanto meresmikan Kampung Pancasila yang dipusatkan di Jalan Pahlawan Kelurahan Bengkalis Kota, Kecamatan Bengkalis. Jumat (11/3/2022).

Dalam peresmian tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Dandim 0303/Bengkalis yang didampingi oleh Forkopimda tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda serta disaksikan oleh tamu undangan dari berbagai kalangan

Kelurahan Bengkalis Kota dijadikan sebagai Kampung Pancasila dikarenakan diwilayah tersebut sangat majemuk terdiri dari berbagai macam agama, suku dan profesi, akan tetapi kehidupan masyarakatnya sangat rukun dan damai dan semoga dapat menjadi contoh bagi kelurahan dan desa lainnya di kabupaten bengkalis.

Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia H menjelaskan bahwa pembentukan kampung Pancasila tujuannya adalah untuk meningkat kembali nilai nilai Pancasila dan dapat penerapkannya dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

“Negara kita ini dibangun dengan pondasi keragaman budaya, ras dan agama dan ini harus tetap dirawat agar NKRI tetap ada, karena suatau negara akan hancur apabila budaya dan sejarahnya hilang dari masyarakatnya,” kata Dandim 0303 Bengkalis.

“Jadi dengan adanya Kampung Pancasila ini kita berharap kerukunan dan toleransi di masyarakat kita akan terus meningkat dan terjaga,” ungkap Dandim.

Lebih lanjut orang nomor satu Kodim 0303/Bengkalis itu menjelaskan untuk menumbuhkan nilai-nilai Pancasila di tengah-tengah masyarakat, pihaknya tengah menggalakkan program Kampung Pancasila di seluruh kelurahan dan desa yang menjadi wilayah hukum Kodim 0303 Bengkalis.

“Nantinya kampung Pancasila ini akan diisi dengan berbagai kegiatan, dimana dalam kegiatan tersebut masyarakat akan kita edukasi tentang pentingnya Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara. Tidak ada yang bisa menggantikan Pancasila, paham radikal tidak akan bisa menggoyahkan Pancasila, ” ucap Dandim 0303 Bengkalis.

Sementara itu Bupati Bengkalis Kasmarni melalui Kaban Kesbangpol Pemkab Bengkalis, Hermanto baran mengapresiasi Dandim 0303 Bengkalis atas inisiasi diresmikan kampung Pancasila dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dandim 0303 Bengkalis beserta jajaran, yang telah meginisiasi, menggagas serta melaksanakan pencanangan Kampung Pancasila tersebut.

“Kami pemerintah kabupaten Bengkalis, tentunya menyambut baik serta siap mendukung keberadaan “Kampung pancasila, karena Keberadaan kampung pancasila sangat bernilai strategis, dalam upaya memantapkan solidaritas serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar warga yang multi cultur, multi etnik dan multi agama ini”, ungkapnya

Lebih lanjut Kaban Kesbangpol juga menjelaskan bahwa Kita semua penuh perbedaan, karena perbedaan itu penting, akan tetapi bukan berarti dengan perbedaan kita bermusuhan. Justru segala perberdaan ini harus kita jaga dan rawat sesuai dengan peran dan fungsi kita masing-masing, dalam menciptakan masyarakat yang rukun, santun, damai dan harmonis dalam bingkai bhineka tunggal ika.

“Marwah kehidupan masyarakat untuk saling bergotong-royong, saling menjaga, saling membantu, dan bertenggang rasa, tetap harus kita jaga dan kita ciptakan, sehingga tujuan kita untuk membentuk kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera dengan mudah dapat kita capai,” terangnya

“Yakinlah, jika kita tidak menyatu, tidak bersama, tidak rukun dan tidak damai, maka sebaik apapun tujuan dan program pembangunan tidak akan pernah terwujudkan,”tutupnya

Pemerintah Provinsi Kepri