Pelabuhan Internasional Karimun Dibuka 1 April 2022

Pelabuhan Internasional Karimun Dibuka 1 April 2022

Rapat Forkopimda Karimun, Senin (28/3). Foto: Fernando/Kepribetter.com

KEPRIBETTER.COM, Karimun – Kabupaten Karimun positip sangat siap jika pelayaran Internasional dibuka, koordinasi antara Bupati Karimun Aunur Rafiq dengan Gubernur Kepri Ansar Ahmad, yang menghasilkan kabar gembira bahwa Pelabuhan Internasional Tanjung Balai Karimun akan kembali beroperasi per tanggal 1 April 2022.

Kesiapan disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun, M Firmansyah, dalam rapat koordinasi.

Membahas kesiapan dibukanya kembali Pelabuhan Internasional Tanjung Balai Karimun bagi Pelaku perjalanan ke Luar Negeri Senin (28/03/2022), di Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun.

“Kabupaten Karimun sangat siap untuk kembali membuka jalur pelayaran internasional bagi PPLN.

Kesiapan sudah dilakukan, untuk kelancaran bagi PPLN,” kata Firmansyah.

beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh pemerintah daerah sudah dilakukan, seperti bagaimana mendukung pelayanan prima bagi PPLN, di Pelabuhan Internasional Tanjung Balai Karimun.

Hasil rapat koordinasi tersebut, menghasilkan beberapa permintaan dan usulan, diantaranya adalah pemerintah daerah diminta menyiapkan tempat pengambilan tes PCR bagi PPLN ini.

Di dalam prosedurnya nanti, PPLN hanya diperbolehkan berada di dalam kawasan pelabuhan, jika hasil tes PCR belum keluar.

Dipastikan akan tetap berada di Pelabuhan Internasional Tanjung Balai Karimun dalam menunggu hasil PCR.

Pengawasan oleh petugas akan dilakukan, sehingga mereka yang akan berangkat keluar negeri tidak dibenarkan keluar dari areal atau tempat yang telah ditentukan untuk menunggu,” ujar Firmansyah.

Jika hasil PCR didapati positif Covid-19, maka pemerintah Kabupaten Karimun telah menyiapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muhammad Sani, sebagai tempat rujukan untuk penanganan bagi PPLN.

Dalam rapat koordinasi tersebut dihadiri para instansi dan pihak terkait, seperti Dinas Perhubungan Provinsi Kepri, Dinas Perhubungan Kabupaten Karimun,

Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Pelindo Tanjungbalai Karimun, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean.

Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun, KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tanjung Balai Karimun, Polsek Kawasan Pelabuhan Polres Karimun.

Penulis: Fernando

Pemerintah Provinsi Kepri