DPRD Karimun Sahkan APBD Perubahan Tahun 2022

DPRD Karimun Sahkan APBD Perubahan Tahun 2022

Pengesahan APBD Perubahan Kabupaten Karimun tahun 2022. (Foto: Fernando/Kepribetter.com)


KEPRIBETTER.COM, KARIMUN – DPRD Karimun mengesahkan APBD Perubahan tahun 2022 sebesar Rp1,442 triliun, Rabu (14/9/2022).

Delapan fraksi DPRD Karimun menyetujui Ranperda APBDP tahun 2022 disetujui menjadi Perda dalam sidang paripurna yang dipimpin Ketua M Yusuf Sirat.

Postur perubahan APBD Perubahan Karimun 2022 tersebut disahkan pada kisaran angka Rp 1,442 triliun atau naik sekitar Rp 44 miliar dari Nota Keuangan yang diajukan Pemkab Karimun pada rapat paripurna sebelumnya.

Juru Bicara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Karimun, Raja Rafiza dalam laporannya mengatakan, APBD Perubahan Karimun Tahun Anggaran 2022 tersebut terdiri dari target Pendapatan Daerah, target Belanja Daerah dan Pembiayaan.

Target Pendapatan Daerah pada APBD-P kali ini sekitar Rp 1,305 triliun atau naik sekitar Rp 44 miliar dibandingkan APBD murni 2022. Berikutnya Belanja Daerah ditargetkan sekitar Rp 1,442 triliun.

Paripurna pengesahan Perda APBD Perubahan 2022 dihadiri Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq dan Wakil Bupati Karimun H Anwar Hasyim.

Dengan disahkannya APBD Perubahan selanjutnya akan dikirim kepada Gubernur Kepri untuk dievaluasi.

Aunur Rafiq dalam penyampaiannya, menyebutkan, naiknya target pendapatan daerah pada APBD Perubahan tersebut dikarenakan tunda salur dari pemerintah pusat sebesar Rp 137 miliar akan dituntaskan oleh Kementerian Keuangan tahun ini juga.

“Naiknya target pendapatan daerah karena tahun ini pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan akan menyelesaikan tunda salur tahun-tahun sebelumnya,” kata Rafiq kepada awak media usia paripurna.

Rafiq juga menyebut dalam Silpa sebesar Rp137 miliar, sebesar Rp86 miliar diantaranya merupakan dana penanggulangan Covid-19 di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Karimun.

Disinggung rencana pembangunan pada APBD-P kali ini, Rafiq menyebut untuk fokus beberapa proyek fisik strategis. Di antaranya fokus penanggulangan banjir seperti penggalian parit di Pasar Malam.

Selanjutnya ada pembangunan bangun gedung kuliner di sebelah panggung Sri Kemuning Coastal Area. Pembangunan anjungan AURA untuk pejalan kaki sepanjang 5 meter depan rumah burung di Coastal Area.

Kemudian pembangunan panggung rakyat di samping rumah dinas Bupati Karimun dengan ornamen masjid dan musala serta taman yang melambangkan adat Melayu yang identik dengan Islam.

Kemudian melanjutkan proyek Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Kelurahan Sei Lakam Barat, Kecamatan Karimun. Selanjutnya modernisasi tugu depan Mapolsek Balai Karimun.

Rafiq juga menyampaikan rencana pembangunan pada tahun 2023 mendatang diantaranya perbaikan atap pasar malam, 50 persen di APBD-P dan 50 persen APBD murni 2023.

“Kemudian alih fungsi gedung Karimun Executive and Convention Center (KECC) menjadi Mall Pelayanan Publik, pembangunan kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Satpol PP,” kata Bupati.

Penulis: Fernando

Pemerintah Provinsi Kepri